Peringatan HKP, Wabup Bakhtiar Terima Bantuan Dari Gubernur Jambi

Wabup Bakhtiar atas nama Pemkab Batanghari menerima bantuan dari Gubenrur Alharis secara simbolis/foto:ist
BATANGHARI,BulianId  - Pemerintah Kabupaten Batang Hari menerima bantuan dari Pemerintah Provinsi Jambi dalam acara Peringatan Puncak Hari Krida Pertanian (HKP) ke-51 Tingkat Provinsi Jambi.

Acara tersebut berpusat di Kawasan Danau Sipin Telanaipura Kota Jambi, dengan mengusung tema “Kita Wujudkan Pertanian Milenial Berbasis Teknologi Menuju JAMBI MANTAP 2024“. Adapun bantuan itu diserahkan oleh Gubernur Provinsi Jambi Al Haris yang langsung diterima oleh Wakil Bupati Batang Hari H Bakhtiar. Kamis (16/11/2023).

 

Dalam acara tersebut tampak hadir juga Pj. Wali Kota Jambi Sri Purwaningsih, SH,.M.A.P.,Para Kepala/Wakil Daerah Kabupaten Se-Provinsi Jambi, Asisten II Setda Kabupaten Batang Hari, Kepala Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan dan undangan.

Peringatan Hari Krida Pertanian ini merupakan sebagai momentum pergeseran pola pertanaman rasional di semula pola tradisional menjadi pola pertanaman modernisasi, dan di harapkan HKP sebagai stimulus terhadap Petani/Masyarakat untuk peningkatan aktifitas produksi dan perbaikan terhadap ekonomi Nasional.

Dalam sambutannya, Gubernur Jambi Al Haris mengatakan Provinsi Jambi sangat berpotensi di sektor pertanian, karena Jambi beriklim tropis dan letak geografis mendukung seperti pegunungan dan laut.

” Mari dengan momentum HKP ini meningkatkan produksi pertanian dengan memaksimalkan lahan-lahan tidur yang dapat di olah maksimal untuk produksi-produksi pertanian dengan maksimal,” Ujarnya.

Masih kata Gubernur, diharapkan dengan adanya bantuan ini dapat menurunkan angka inflasi dan meningkatkan taraf ekonomi di kalangan masyarakat Jambi.

” Hasil sektor pertanian yang baik dapat berpengaruh besar terhadap penurunan angka inflasi dengan kurun waktu yang cepat dan efektif dalam ekonomi Masyarakat Jambi, beliau menambahkan,” Tandasnya.

Ini bantuan yang diterima oleh Wakil Bupati Batang Hari pada saat HKP di Provinsi Jambi : 3 unit alat mesin pertanian, 28 ekor sapi, benih padi 1.473 Ha, saprodi cabe merah 5 Ha, saprodi bawang merah 2 Ha, dan pengembangan kawasan buah-buahan 2.500 batang.

Adapun bantuan kedua yang di terima Kabupaten Batang Hari, berupa penyediaan infrastruktur dan kegiatan dengan total pendanaan Rp.1.877.635.680,-untuk sektor pertanian pangan.(*/ANI)