Pemkab Batanghari Gelar Haul Jama’ di Rumdis Bupati

Bupati Batanghari dan ulama/foto:ist
BATANGHARI,BulianId  – Pemerintah Kabupaten Batanghari melaksanakan kegiatan Haul Jama’ dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Batanghari Ke-75 Tahun 2023 di Ruang Kaca Rumah Dinas Bupati, Kamis malam (23/11/2023).

Turut Hadir Kapolres Batanghari, Ketua Pengadilan Agama Muara Bulian, Sekretaris Daerah Kabupaten Batanghari, Para Kepala OPD dalam Kabupaten Batanghari, Ketua MUI, Ketua Lembaga Adat, dan Para Ulama Se-Kabupaten Batanghari.

Bupati Batanghari Muhammad Fadhil Arief, menyambut baik dan sangat mendukung terlaksananya Haul Jama’ ini. Ia berharap tradisi Haul Jama’ bisa kembali menjadi milik Masyarakat ditiap desa di Kabupaten Batanghari ini.

“Kita di Batanghari ini pada umumnya adalah Islam keturunan. Kita mendapatkan nikmat Islam ini karena orang tua kita, karena datuk-datuk kita, para pendahulu kita memeluk Agama Islam karena perjuangan dakwah para tuan guru dan ulama. Maka dari itu, sudah sepantasnya kita mendoakan arwahnya, berkirim Al-fatihah kepada mereka, sebagai wujud terima kasih kita kepada tuan guru dan ulama,” kata Bupati Fadhil.

Disampaikan oleh Bupati Batanghari, Haul Jama’ ini adalah sebagai momentun pengingat diri terhadap sang pencipta, dan menjalin silaturahmi diantara sesama.

“Haul Jama’ ini pertama kali dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Batanghari. Saya berterimakasih karena acara ini dapat terselenggara dengan baik, kami sangat menyambut baik kegiatan keagamaan yang ada di Kabupaten Batanghari ini,” ujarnya.

Dalam mewujudkan visi-misi Batanghari Tangguh peran ulama, tokoh agama sangat lah penting dalam pembangunan sarana dan prasarana tempat ibadah, serta menjaga toleransi umat beragama. Kemudian Bupati juga mengajak seluruh yang hadir untuk dapat mendoakan saudara-saudara di Palestina yang saat ini sedang dijajah oleh Israel.

“Saya mengajak seluruh ulama dan masyarakat untuk mendoakan saudara-saudara kita yang ada di Palestina agar segera mendapatkan kemerdekaannya,” ungkapnya.

Selanjutnya acara Haul Jama’ dilanjutkan dengan mendengarkan Tausiah bersama Ustadz Supriyadi, S.Pd.I dan diakhiri dengan Do’a bersama oleh Ketua MUI Batanghari. (*/ANI)