Fadhil Hadiri Panen Raya Padi di Desa Simpang Aurgading


BATANGHARI,
BulianId  – Bupati Batanghari Muhammad Fadhil Arief menghadiri panen raya padi sawah kelompok tani Mekar Jaya, di Desa Simpang Aurgading, Selasa (10/10/2023).

Kedatangan Bupati bersama rombongan, disambut antusias oleh masyarakat Desa Simpang Aurgading dengan menggunakan Kompangan. Tak hanya itu saja, bahkan masyarakat juga mempersiapkan hiburan musik organ tunggal.

Ketua Kelompok Tani Mekar Jaya, Datuk Najmi dalam sambutannya menjelaskan bahwa, sawah Tunggul Buto memiliki luas lahan yakni 12 hektare. “Yang digarap saat ini seluas tujuh hektare, menggunakan dana ketahanan pangan 20 persen dana desa,” katanya.

Atas nama kelompok Tani Mekar Jaya Datuk Najmi menyampaikan permohonan bantuan kepada Bupati Batanghari. “Kami berharap agar ada embung air, rehab DAM, bantuan irigasi sawah, mesin padi,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Fadhil menjelaskan bahwa beras ini sampai kapanpun ada yang membelinya. “Manusia tambah banyak, sawah dak bertambah-tambah, malah sebagian menjadi kebun sawit,” ucapnya.

Disebutkan Fadhil bahwa, beras ini merupakan produk yang sangat menjanjikan kemudian hari. “Makanya beras ini tidak pernah harganya turun, malah naik terus. Karena yang mintanya tambah banyak,” kata Fadhil.

Fadhil juga meminta agar masyarakat memperluas sawah yang telah ada, dikarenakan kondisi tanah yang subur. Selain itu ia juga berpesan dengan teknologi modern, bagaimana sawah tersebut memiliki dua kali penghasilan dalam setahun.

Selain itu, Bupati Fadhil juga mengingatkan Kepala Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan agar meminjamkan mesin penggiling padi untuk kelompok tani yang ada di Batanghari.

Turut hadir Kepala OPD, Forkopimca Batin XXIV, lurah, para Kades se-Kecamatan Batin XXIV, para tokoh masyarakat Desa Simpang Aurgading, para penyuluh pertanian Batin XXIV dan kelompok Tani Mekar Jaya serta masyarakat sekitar. (*)