Ikut Bakarang Basamo, Fadhil: Tradisi Ini Harus Tetap Kita Jaga

Sambutan Bupati Batanghari/foto:ist

BATANGHARI,
BulianId  - Tampak keceriaan Bupati Batanghari, saat  Muhammad Fadhil Arief  menghadirkan kegiatan bakarang basamo.

Kepala ditutupi topi berbaju kemeja kuning, Fadhil Arief sejak pagi telah ada di lokasi Lubuk Jawi guna membuka kegiatan bakarang basamo di Kecamatan Marosebo Ilir, Kabupaten Batanghari, Minggu (23/7/2023) pagi.

Pantauan di lokasi, tampak ratusan warga turun ke Lubuk Jawi dengan membawa berbagi alat untuk menangkap ikan.

Sebelum acara bakarang basamo dimulai, warga yang dipimpin tokoh agama mengembangkan shalawat Nabi Muhammad SAW agar mendapat keberkahan.

Kegiatan bakarang basamo ini merupakan tradisi atau budaya yang ada sejak dahulu bagi masyarakat Kabupaten Batanghari menyaksikan.

'Bakarang basamo adalah suatu tradisi menangkap ikan yang dilakukan bersama-sama oleh masyarakat Kabupaten Batang Karena itu sebagian menyebutnya dengan istilah "Bakarang Basamo". Tradisi menjadi unik karena ada juga yang dijadikan ajang perlombaan, " ungkap Fadhil Arief.

Dijelaskan Fadhil Arief, pada zaman dahulu,  masyarakat menangkap ikan hanya dengan menggunakan alat sederhana itu. Seperti halnya yang berlaku pada tradisi bekarang basamo.

Lanjut  Fadhil Arief, saat bakarang basamo adalah, satu untuk menggiring dan menangkap ikan, satu lagi sebagai wadah untuk menampung hasil tangkapan.

"Biasanya para pria yang menangkap dengan joran, dan di tepian kaum perempuan memegang wadah hasil tangkapan alias ambung," ujar Fadhil Arief.

Kata Fadhil Ariefbudaya tradisi bakarang basamo harus terus terjaga hingga sampai kapanpun, karena dibalik bakarang basamo juga menjalin silaturahmi yang indah sesama masyarakat.