Fadhil Arief Ajak Masyarakat Untuk Melestarikan Tradisi Bakarang Basamo


BATANGHARI,
BulianId Tak hanya Bupati Batanghari, Muhammad Fadhil Arief yang tampak gembira melihat masyarakat di kegiatan bakarang basamo di Lubuk Jawi Desa Terusan, Kecamatan Marosebo Ilir, Batanghari.

Masyarakat juga terlihat keseruannya cara menangkap  ikan seperti tradisi di masa lalu tersebut, yang kembali diulang masyarakat di wilayah yang dialiri  Sungai batanghari.

"Kemeriahan bakarang basamo juga menjadi hiburan tersendiri bagi masyarakat Batanghari. Mengejar dan menggiring ikan dengan joran, ternyata tidaklah mudah. Mau tak mau, badan pun harus terendam "nyemplung" ke air berlumpur yang sudah diaduk-aduk orang banyak" kata Fadhil Arief disela-sela kegiatan ini, Minggu (23/7/2023).

Dikatakan suami Zulva itu, menangkap ikan dengan perlengkapan alat tradisional ini mengingatkan masyarakat pada tradisi di masa lalu yang sehat dan alami.

Tradisi bakarang basamo ini ditujukan agar tidak ada lagi yang mengankap ikan menggunakan teknik yang ekstrem, misalnya menggunakan bahan-bahan kimia bahkan dengan menyetrum ikan.

Fadhil Arief juga  mengucapkan terima kasih kepada seluruh lapisan masyarakat yang telah berpartisipasi pada kegiatan bakarang basamo ini.

Sementara, bakarang basamo ini di ikuti dari semua kalangan. Mulai dari orang tua hingga anak-anak, dan emak-emak.

Tampak antusias masyarakat terjun bakarang  basamo ke Lubuk Jawi ini, dari orang tua, bapak-bapak, emak-emak hingga anak-anak terjun bakarang basamo.

"Semoga tradisi  bakarang basamo dapat selalu kita lestarikan," ajak pria yang suka ketawa itu