Bupati Fadhil Sebut MTQ Merupakan Media Menyebarkan Syiar Islam

Kedatangan Bupati Fadhil disambut oleh warga Kecamatan Bajubang/foto:ist

BATANGHARI,BulianId – Di hadapan peserta Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) atau kafilah, Bupati Batanghari, Muhammad Fadhil Arief memberikan pesan dan makna dari MTQ. Hal itu ia sampaikan saat menghadiri undangan Pembukaan MTQ ke 19 Tingkat Kecamatan Bajubang bertempat di Desa Bungku, Jumat ((19/05/2023).

Muhammad Fadhil Arief mengatakan, MTQ bukanlah sekedar lomba untuk mencari qori-qoriah dan hafidz/ hafidzah terbaik, akan tetapi MTQ adalah suatu upaya konkrit umat Islam untuk menggali nilai-nilai luhur yang terkandung didalam Al quran supaya dijadikan sebagai pedoman hidup.

“Ini merupakan salah satu upaya kita untuk mendalami arti, makna, kandungan dan keindahan Al Quran sekaligus meningkatkan ketaqwaan kita kepada allah swt,” ujarnya Jumat (19/5).

Menurutnya, penyelenggaraan MTQ merupakan salah satu media untuk menyebarkan syiar islam yang sudah menjadi agenda rutin lembaga pengembangan tilawatil quran (LPTQ).

“Salah satu tujuannya yaitu agar umat islam lebih tekun membaca, mempelajari dan mengamalkan ajaran Al Quran di tengah derasnya arus perubahan sosial dan budaya dewasa ini dan mendukung terwujudnya kehidupan masyarakat Kabupaten Batanghari yang agamis,”paparnya.

Sementara itu, menurut Camat Bajubang, Ichwan, tujuan lain dari pelaksanaan MTQ adalah sebagai wahana silaturahim dan sebagai pendorong semangat dan minat baca masyarakat terhadap Al Quran.

 

“Sehinga ke depan semua umat islam, khususnya di Kecamatan Bajubang tidak ada lagi yang buta huruf Al Quran, bahkan bisa memahami isi kandungan Al Quran secara mendalam sehingga setiap individu mampu membangun kesalehan diri dan kesalehan sosial,” pungkasnya. (ANI)