Tahun Ini Pembangunan Islamic Centre Batanghari Mulai Digarap

Kepala Bappeda Batanghari, A Kurniadi/ foto:ist
BATANGHARI, BulianId Guna menuntaskan  36 program prioritas dari visi-misi Batanghari Tangguh, pemda akan memulai proyek bangunan di tahun ini, hal tersebut diungkapkan langsung oleh Kepala Bappeda Kabupaten Batanghari, A Kurniadi.

Sebutnya ditahun 2023 ini, Pemkab Batanghari akan menjalankan dua program fisik yang sudah dijanjikan oleh pasangan Bupati Dan Wabup Batanghari, Mhd Fadhil Arief – H Bakhtiar di masa kampanye pilkada 2020 lalu, salah satunya yakni pembangunan Islamic Centre.

“Perencanaan dokumen atau DED sudah dianggarkan pada tahun 2022, insya allah ditahun 2023 ini fisiknya akan kita jalankan,” ujarnya, Senin (02/01/2023).

Islamic Centre Kabupaten Batanghari sendiri akan berdiri di lokasi yang strategis, jika tidak berubah maka titik pembangunan akan dilakukan di daerah Tenam.

Desain grafis Islamic Centre Kabupaten Batanghari/ foto:ist
Untuk fungsi Islamic Centre itu, menurut Kurniadi, bukan hanya sebagai sarana atau tempat beribadah saja, tetapi nantinya akan menjadi tempat persinggahan bagi pengendara dari luar kota, juga tempat pusat kajian agama, pusat oleh-oleh produk UMKM Batanghari, serta fasilitas lainnya.

“Sehingga ini menjadi ikon Kabupaten Batanghari. Kita juga akan siapkan pengurus untuk memelihara/mengelola Islamic Centre tersebut,” ucapnya.

Berhubung besarnya anggaran yang akan digelontorkan oleh pemerintah, maka pembangunan tersebut akan dilakukan secara bertahap sesuai dengan fungsinya.

“Mana yang akan kita dahulukan untuk dibangun, untuk saat ini diskusi masih kita lakukan bersama OPD terkait,” sambungnya.

Untuk berapa besaran anggaran sendiri, Kurniadi belum bisa menyebutkan dengan pasti. Namun ia meyakini bahwa di akhir tahun 2023 ini secara fungsi sudah dapat dirasakan oleh masyarakat khususnya Kabupaten Batanghari. (ANI)