Pencegahan Stunting, Wabup Batanghari : Seribu Hari Pertama Kehidupan

Wakil Bupati Batanghari Bakhtiar saat menyampaikan sambutan, Foto/Ist
BATANGHARI, BulianId  Wakil Bupati Batanghari Bakhtiar pimpan rapat bersama seluruh instansi pemerintah dalam wilayah Kabupaten Batanghari, Rabu (14/09/2022).

Rapat tersebut dilaksanakan di ruang Pola Besar Kantor Bupati Batanghari, Jalan Jendral Sudirman yang dihadiri Forkopimda, Anggota DPRD, Kepala OPD, Kepala Puskesmas, Camat, Lurah dan Kepala Desa, seluruh Organisasi Masyarakat, LSM, Organisasi Jurnalis se-Batanghari, perwakilan Bappeda dan Dinas Kesehatan Provinsi Jambi serta para peserta rapat lainnya.

Wakil Bupati Batanghari Bakhtiar mengatakan, dengan acara ini semoga tercipta komitmen dari seluruh pihak yang hadir dalam menanggulangi permasalahan stunting di bumi Serentak Bak Regam.

"Pencegahan stunting yaitu di seribu hari pertama kehidupan (HPK) sehingga perhatian kepada ibu hamil serta balita di bawah umur dua tahun (Baduta) perlu di upayakan, guna menciptakan generasi yang cerdas," kata Bakhtiar.

Dukungan pemerintah daerah dalam upaya penurunan stunting, dari segi pembangunan sanitasi, air bersih, pembangunan infrastruktur, penyediaan pangan yang bergizi, akan terus ditingkatkan.

“Keberhasilan program penurunan stunting juga sangat dipengaruhi dari sektor non kesehatan dengan proporsi dukungan mencapai 70 persen,” ucapnya.

Berdasarkan data, kondisi stunting Kabupaten Batanghari saat ini telah mengalami penurunan prevalensi stunting yaitu sebanyak 2,82 persen. Hal tersebut dapat dilihat dari data pada tahun 2019, angka persentase prevalensi sebesar 27,32 persen dan pada tahun 2021 sebesar 24,5 persen.

“Artinya program intervensi yang kita lakukan telah berpengaruh positif dalam upaya pencegahan dan penurunan stunting, walaupun kita baru menjadi lokus penurunan stunting pada tahun 2022 ini,” ungkapnya.

Kegiatan tersebut dilaksanakan berdasarkan Keputusan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Nomor KEP.10/M.PPN/HK/02/2021 Tentang Penetapan perluasan Kabupaten/Kota Lokasi Fokus Intervensi Penurunan Stunting Terintegrasi Tahun 2022.(ONE).