Inspektorat Batanghari Kekurangan Tenag Auditor

Plt Kepala Inspektorat Batanghari


BATANGHARI, BulianId - Jumlah tenaga auditor pada Inspektorat Kabupaten Batanghari masih jauh dari ideal. Pasalnya, saat ini jumlah auditor yang ada id Kabupaten Batanghari hanya 25 orang saja, hal tersebut diungkapkan Plt Kepala Inspektorat Batanghari, Akmaludin, Jumat (01/04/2022). 

Lanjutnya, idealnya jumlah tenaga auditor di lembaga tersebut berjumlah 54 orang. Artinya saat ini mereka kekurangan 29 auditor. 

"Auditor ini ada empat jenjang, yakni auditor utama, muda, madya dan pertama, dan saat ini kota masih kekurangan," ujarnya. 

Dikatakan Akmaludin, untuk menjadi tenaga auditor pun harus melalui tahapan terlebih dahulu sesuai dengan Permenpan-RB yang dikeluarkan. 

"Ada tenaga auditor yang memang lolos melalui tahapan seleksi CPNS dari awal. Namun bisa juga yang pindah dari OPD lain," ujarnya. 

Namun, bagi ASN yang berminat menjadi auditor di Inspektorat Batanghari, tentunya harus melalui berbagai tahapan terlebih dahulu. 

 "Untuk yang kategori perpindahan jabatan, minimal  sudah 2 tahun di Inspektorat, mengikuti pendidikan pelatihan selama 2-3 minggu. Setelah itu mengikuti ujian, baru diangkat sebagai auditor. Setelah dikeluarkan rekomendasi oleh BPKP pusat. Dan minimal tamatan S1 atau D-III," pungkasnya. (NZA)