Ada Dua Kader Potensial NasDem, Batanghari Tangguh Jilid II atau Penantang?

Hasbi Anshory dan H Bakhtiar/foto:ist
BATANGHARI,BulianIdSebagai partai pemenang kedua pada Pileg 2024, DPD Partai NasDem Batanghari tentunya mempunyai nilai tawar untuk mengusung kader partai sebagai bakal calon Bupati Batanghari pada Pilkada 2024.

Pasalnya, di periode ini NasDem Batanghari berhasil merebut lima kursi dewan. NasDem pun bakal mengisi kursi unsur pimpinan pada posisi Wakil Ketua I DPRD Batanghari.

Seperti diketahui, untuk saat ini NasDem sendiri mempunyai dua tokoh potensial yang digadang-gadang akan bertarung di Pilbup Batanghari. Mereka adalah Hasbi Anshory dan H Bakhtiar. Kedua nama ini dianggap mempunyai kans yang cukup besar untuk menjadi Calon Bupati Batanghari.

Jika berbicara mengenai Bakhtiar, saat ini dirinya masih menjabat sebagai Wabup Batanghari. Selain itu, ia juga menjabat sebagai Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Batanghari. Dengan menduduki jabatan strategis tersebut, tak sedikit masyarakat yang datang dan meminta agar ia mencalonkan diri sebagai orang nomor satu di Bumi Serentak Bak Regam.

Bahkan, pada diskusi elite politik Batanghari dan obrolan arus bawah, tak sedikit yang berspekulasi, apabila Bakhtiar menjadi penantang di Pilbup Batanghari, maka ia harus berdampingan dengan Muhammad Hafiz Fattah. Sebab, Hafiz sendiri diyakini akan jadi lawan kuat bagi incumbent jika harus bertarung secara head to head.

Akan tetapi, menurut informasi yang digali bulian.id dari beberapa sumber, Sang Petahana yakni Muhammad Fadhil Arief (MFA), masih berkeinginan untuk tetap berdampingan dengan Putra Mersam tersebut, demi melanjutkan pemerintahan Batanghari Tangguh jilid II.

Bahkan, sampai saat ini pun hubungan Fadhil-Bakhtiar tetap harmonis, meskipun sudah mendekati penghujung masa jabatan. Tak jarang keduanya selalu tampil bersama di hadapan masyarakat Batanghari di berbagai kegiatan.

Di beberapa kesempatan, Bakhtiar sendiri kerap ditanya apakah akan mencalonkan diri sebagai bupati atau melanjutkan kepemimpinan Batanghari Tangguh bersama MFA. Tetapi, dia sendiri belum pernah memberikan jawaban secara pasti atas pertanyaan tersebut. Bahkan, Bahktiar kerap menegaskan bahwa saat ini selaku Wakil Bupati Batanghari periode Pilkada 2020, dirinya tetap fokus untuk mensukseskan visi-misi dan program Batanghari Tangguh.

Sementara itu, Hasbi Anshory yang merupakan anggota DPR RI aktif periode 2019-2024 dan menjabat sebagai Sekjen DPW NasDem Jambi, juga digadang-gadang akan menjadi lawan tanding petahana di Pilbup Batanghari.

Juga, sosok Hasbi sendiri selalu diasumsikan akan berdampingan dengan, antara Firdaus, Hafiz ataupun Anita Yasmin yang merupakan penerus dari mendiang Abdul Fattah. Jika ia memang harus menjadi penantang petahana.

Namun, saat dijumpai bulian.id baru-baru ini, Hasbi Anshory sendiri belum menunjukkan gelagatnya untuk menjadi penantang di Pilbup Batanghari. Ia sendiri sebagai kader dari partai masih menunggu petunjuk dari DPP Partai NasDem dan belum bisa mengaminkan permintaan dari para pendukung / simpatisannya.

"Tunggu keputusan DPP Partai NasDem, Dindo. Lihat nanti habis lebaran," singkatnya.

Tentunya, ketokohan dua kader ini dapat menjadi dilema bagi Partai NasDem. Apakah harus mengusung/mengusulkan salah satu kader sebagai penantang atau melanjutkan pemerintahan Batanghari Tangguh jilid II dengan menyodorkan nama Bakhtiar untuk tetap mendampingi MFA di Pilbup Batanghari 2024. (ANI)