Hak Jawab Rahmat atas Berita Komisi 1 DPR RI Disebut Terima Aliran Dana Proyek BTS 4G, Ini Tanggapan Tenaga Ahli Hasbi Ansori

Tenaga Ahli Fraksi NasDem DPR RI, Rahmat/foto:ist
BATANGHARI,BulianIdBerdasarkan surat penilaian sementara dan rekomendasi yang dikeluarkan oleh Dewan Pers atas pengaduan dari Rahmat, dengan nomor surat 1581/DP/K/XI/2023, terkait berita yang berjudul Komisi 1 DPR RI Disebut Terima Aliran Dana Proyek BTS 4G, Ini Tanggapan Tenaga Ahli Hasbi Ansori  dan diterbitkan pada 27 September 2023 oleh media Bulian.Id berikut hak jawab dan hak koreksi dari pengadu, Senin (04/12/2023).

Dalam berita yang ditulis menanggapi hal itu, "Staf Ahli Hasbi Ansori Dapil wilayah Jambi, Rahmat mengatakan, bahwa di Komisi 1 DPR RI itu banyak anggotanya, bukan hanya perorangan.

"Banyak anggota Komisi 1 tu, mungkin anggota lain dak,” ujarnya.

“Tadi saya sudah menghubungi bos (Hasbi Ansori) tunggu klarifikasi beliau bae, kalua dak besok (kamis,red), Jumat kito ketemu. Soalnyo tadi pas sayo nelpon, bos masih ado agenda rapat,” singkatnya. Maka pengadu merasa :

Pertama, Pengadu dalam hal ini Rahmat merasa yang dilakukan oleh media Bulian.Id bukanlah konfirmasi berita melainkan menanyakan dimana lokasi Saudara Hasbi Anshory dan meminta janji untuk bertemu dengan anggota DPR RI Hasbi Anshory.

Kedua, muatan kutipan dalam berita tersebut bukanlah kapasitas dari jabatan yang diduduki oleh saudara pengadu untuk menjawab prihal isi berita yang berjudul “Komisi 1 DPR RI Disebut Terima Aliran Dana Proyek BTS 4G, Ini Tanggapan Tenaga Ahli Hasbi Ansori”.

Ketiga, Jabatan Pengadu bukanlah Tenaga Ahli atau Staf Ahli Hasbi Ansori Dapil wilayah Jambi melainkan sebagai Tenaga Ahli Fraksi NasDem DPR RI.

“Jadi sesuai dari rekomendasi yang dikeluarkan oleh Dewan Pers terhadap kami, ini hak jawab dan koreksi yang kami lampirkan,” ujarnya saat dijumpai Bulian.Id, Senin (04/12/2023).

"Tidak ada kapasitas saya sebagai tenaga ahli untuk menanggapi tentang dugaan aliran dana Proyek BTS ke Komisi 1 DPR RI," pungkasnya.

Berikut hak jawab dan koreksi yang telah disampaikan oleh Pengadu, Saudara Rahmat kepada media Bulian.Id.

Dengan dimuatnya hak jawab ini, pihak Redaksi mengucapkan permohonan maaf kepada pengadu dan masyarakat pembaca atas pemuatan berita “Komisi 1 DPR RI Disebut Terima Aliran Dana Proyek BTS 4G, Ini Tanggapan Tenaga Ahli Hasbi Ansori”. (ANI)




*NB
Berdasarkan penilaian dan rekomendasi Dewan Pers, berita yang berjudul Komisi 1 DPR RI Disebut Terima Aliran Dana Proyek BTS 4G, Ini Tanggapan Tenaga Ahli Hasbi Ansori dinilai melanggar Kode Etik Jurnalistik dan Pedoman Media Siber.