Hadir di Tabligh Akbar, Bupati Batanghari Paparkan Program Guru Ngaji

BATANGHARI, BulianId – Bupati Batanghari Muhammad Fadhil Arief menghadiri acara Tabligh Akbar dalam rangka Ijtima’ & Tasyakuran Ponpes Al Fatih di Kampung Baru Kecamatan Muara Tembesi, Sabtu malam (2/12/2023).

Dihadapan para jamaah Pondok Pesantren Al-Fatih menyampaikan sambutannya, Bupati Fadhil mengatakan bersama Wakil Bupati Batanghari Bakhtiar, dia menghadapi tantangan dalam Pembangunan infrastruktur dengan kondisi jalan di Batanghari hamper 70% rusak.

“Kemudian kita temui bahwa begitu banyak anak SD yang tidak lancar baca tulis Al-Qur’an, tingkat pendidikan indeks pembangunan manusia juga rendah di bawah rata-rata Provinsi Jambi,” kata Fadhil.

Disebutkan Fadhil, ada dua tantangan sulit untuk memuaskan seluruh masyarakat Kabupaten Batanghari. Sebagian masyarakat berpikir kalau cara infrastruktur jalan bagus, jembatan bagus maka terpuaskanlah dengan pelayanan pemerintah.

“Ada yang berpikir lebih maju lagi bagaimana Sumber Daya Manusia yang bagus, kalau dengan memiliki Sumber Daya Manusia yang bagus, makanya kita akan lebih bahagia Insya Allah nanti meninggalnya masuk surga,” ujarnya.

Bupati Batanghari juga memaparkan program guru ngaji masuk sekolah saat ini, dari data terakhir sudah terdapat 6.663 siswa-siswi kelas 6 SD di Batanghari lancar baca tulis Al-Qur’an.

“Tapi masih ada 700-an yang kurang lancar dan 38 yang belum bisa sama sekali saat ini, ini menjadi tantangan kita bersama. Kita tahu membangun infrastruktur itu berat karena perlu dana besar tapi lebih berat lagi membangun Sumber Daya Manusia di samping perlu dana dia perlu konsistensi, kesinambungan, ketahanan kita semua,” ucapnya.

“Supaya generasi kita besok menjadi generasi Tangguh, bisa membahagiakan orang tuanya, tidak terlibat narkoba, tidak terpapar judi online sehingga menjadi orang baik,” ungkapnya. Acara selanjutnya dilanjutkan dengan Tausiah Agama Oleh KH. Ubaidillah Pimpinan Ponpes Al-Fatah Temboro. Turut Hadir Kapolres Batanghari, Ketua MUI Kabupaten Batanghari, Kepala OPD dalam lingkup Pemkab Batanghari dan para jamaah tablig akbar. (*)