Guyon Fadhil, Ragukan Laporan Jumlah Pengunjung Batanghari Tangguh Expo 2023

Bupati Batanghari saat memberikan penghargaan kepada salah satu pelaku seni Batanghari pada acara penutupan Batanghari Expo/foto:ANI
BATANGHARI,BulianIdDi awal sambutan saat menutup kegiatan Festival dan Batanghari Tangguh Expo 2023, Bupati Batanghari, Muhammad Fadhil Arief sempat meragukan hasil laporan data pengunjung yang disampaikan oleh panitia penyelenggara, Jumat (24/11/2023).

“Tadi sayo dengar laporan jumlah pengunjung yang datang mencapai belasan ribu, tapi kayaknyo lebih dari jumlah itu. Tapi mudah-mudahan datanyo valid, kalaupun dak valid, bergesernyo dak jauh-jauh nian,” sebutnya.

“Tadi sayo tanyo ke Kadishub, macam mano kamu tau data orang yang datang. Kato dio, biaso nengok dari buku tamu. Nah, kalau nengok dari buku tamu, masih ado tamu yang dak ngisi buku tamu di stand dishub. Sementaro stand dishub dak rame-rame nian, malah rame pengunjung di tempat orang jualan,” ujar Fadhil disambut tawa hadirin.      

Saat sambutan, Fadhil menuturkan, untuk tahun 2023 ini diprediksi pertumbuhan ekonomi Batanghari akan lebih rendah dibandingkan tahun 2022. Sebab ada beberapa faktor yang menjadi penyebabnya, mulai dari pertambangan yang terhalang distribusinya akibat perbaikan jalan dan tutup beberapa perusaahan tambang.

“Kemudian dari sektor pertanian yang terdampak dari El Nino. Namun akhir-akhir ini tren pendapatan mulai baik, menurut laporan BI, pendapatan perkapita dan belanja konsumsi masyarakat sudah naik,” ujarnya. 

Kata Fadhil, pertumbuhan ekonomi di Batanghari diharapkan tidak merosot terlalu jauh, sebab salah satu solusi yang dilakukan yakni bagaimana perputaran uang masyarakat (transaksi) tetap bergulir di dalam wilayah Batanghari.

“Dampak peningkatan pendapatan perkapita dan belanja konsumsi tidak akan berdampak ke kita jika belanjanya di luar Batanghari. Perlu uang ini kita garap lagi di Batanghari untuk meminimalisir terbangnya uang Batanghari ke tempat lain,” pungkasnya. 

Sebagai Bupati Batanghari, Fadhil mengucapkan rasa terima kasih kepada semua yang terlibat, mulai dari pelaku usaha, UMKM, komunitas seni, peserta festival, panita, serta pengunjung yang sudah hadir ke Batanghari expo.

“Insya allah kegiatan ini akan terus kita selenggarakan ditahun-tahun berikutnya,” pungkasnya. (ANI)