Bekarang Serkap, Tradisi Cara Menangkap Ikan dari Leluhur Masyarakat Batanghari

Kegiatan lomba bekarang serkap di Kolam Taman Tapah Malenggang/fotoANI
BATANGHARI,BulianId Dalam rangka memeriahkan HUT Batanghri ke-75, Pemkab Batanghari menggelar “Lomba Bekarang Serkap”. Lomba yang diikuti oleh ratusan peserta tersebut, diselenggarakan di kolam area Taman Tapah Malenggang, Muara Bulian, Minggu (19/11/2023).

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Bupati Batanghari yang diwakili oleh Sekda Batanghari, M Azan tersebut mempunyai makna dan pesan tersendiri untuk masyarakat Batanghari. 

Dikatakana M Azan, dalam perlombaan bekarang serkap ini tentunya panitia telah menyiapkan hadiah bagi para pemenag yang berhasil menagkap ikan yang paling besar atau berat timbangannya. Namun disamping itu, kegiatan ini juga untuk mengajarkan kepada anak atau generasi penerus Batanghari bahwa begini lah metode menangkap ikan yang baik. 

“Bekarang itu merupakan seni budaya datuk kito, buyut kito dulu, bekarang ni lah caro yang paling elok untuk nangkap ikan. Jangan kito nubo, jangan kito nyentrum, sehingga budaya ini akan kito wariskan ke anak dan cucu ke depannyo.” ujarnya. 

Sekda Batanghari membuka lomba bekarang serkap/foto:ANI
Dikatakannya, dengan adanya tradisi bekarang serkap ini, ia berharap generasi ke depan mampu menjaga kelestarian ekosistem di sungai-sungai Batanghari, sehingga lingkungan tetap terjaga dengan bersih. 

“Karena bekarang ini suatu hal yang turun temurun, mudahan-mudahan kito biso menjago pola dan kaidah yang telah dijago oleh para leluhur kito,” sebutnya.

Salah satu peserta lomba berhasil menangkap Ikan Tapah/foto:ANI

Sekda Batanghari pun menyebutkan, perlombaan bekarang serkap ini tentunya akan menjadi agenda rutin pemerintahan pada peringatan-peringatan hari tertentu. 

“Lomba bekarang ini insyaallah rutin ke depan untuk kito laksanokan, tentu sesuai dengan waktu yang ado dalam rangka peringatan HUT Kabupaten Batanghari kito. Berkenanan dengan itu, tentu dalam perombaan peserta harus tertib, mematuhi auran yang sudah ditetapkan oleh panitia,” pungkasnya. (ANI)