Fadhil Buka Bimbingan Teknis Transisi PAUD ke SD Menyenangkan

foto bersama

BATANGHARI,
BulianId  – Bupati Batanghari Muhammad Fadhil Arief menghadiri sekaligus membuka secara resmi Bimbingan Teknis (Bimtek) Transisi PAUD ke SD menyenangkan yang dilaksanakan di Hotel Odua Weston Jambi, Senin (16/10/2023).

Bimtek tersebut, dilaksanakan selama 3 (tiga) hari yang diikuti oleh 11 kabupaten/kota dalam Provinsi Jambi. Pada kegiatan yang diselenggarakan Oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Balai Guru Penggerak Provinsi Jambi tersebut turut diisi Bunda PAUD Batanghari Zulva Fadhil yang menjadi Narasumber.

Kepala Balai Guru Penggerak Jambi Budi Hartono pada sambutannya berpesan, agar para guru mengajarkan anak-anak untuk mengucapkan terimakasih, mengajarkan mereka untuk selalu berkata baik dan hal-hal yang menyenangkan.

Sementara Bupati Batanghari dalam sambutannya menyampaikan bahwa setiap anak di generasinya pasti berbeda-beda, karena  sesuai perkembangan zaman yang selalu berubah.

“Maka inteligensi yang diciptakan pun ikut berubah, keniscayaan ini yang harus kita terima, kalau Kita tidak bisa terima keniscayaan ke perubahan ini, kita akan ketinggalan zaman, ujungnya Kita yang dimakan zaman,” kata Fadhil.

“Bapak ibu guru harus dapat menyesuaikan, membaca karakter anak didiknya agar dapat mewujudkan transisi PAUD yang menyenangkan,” sambungnya.

Pada sesi terakhir, saat Bunda PAUD Batanghari Zulva Fadhil memberikan materi berpesan agar para ibu Guru PAUD dapat menyiapkan konsep sesuai kebutuhan anak-anak.

“Jangan memaksakan kondisi yang belum tentu anak-anak kita mau dan bisa terima, transisi yang menyenangkan yang harus ibu Guru siapkan memang harus benar-benar matang, agar nanti ketika jenjang berikutnya anak-anak kita tidak tertekan dan bisa menerimanya,” kata Zulva.

“Ibu Guru menjadi orang tua bagi mereka pada saat di sekolah, menjadi orang terdekat bagi mereka. Kita harus mengutamakan pendidikan karakter sebagai pondasi awal anak-anak kita, ajarkan hal-hal yang sederhana dengan mengucapkan salam, ucapan terimakasih dan adab sopan santun kepada orang tua,” pungkasnya. (*)