Fadhil Berharap Mahasiswa IAIN Batanghari Menjadi Roda Penggerak Perubahan

Bupati menjadi pemateri di IAIN Batanghari/foto:ist

BATANGHARI,
BulianId  – Bupati Batanghari Muhammad Fadhil Arief jadi pemateri dalam kegiatan seminar internasional dan kuliah umum Institut Agama Islam Nusantara Batanghari, kegiatan tersebut berlangsung di Gedung Pemuda, Sabtu (07/10/2023).

Kegiatan itu dilaksankan bertema ‘Perguruan Tinggi Sebagai Manifestasi Bangsa dalam Mewujudkan Generasi Berkarakter, Unggul, Kompetitif dan Tangguh’.

Bupati Fadhil memaparkan beberapa hal terkait dengan pendidikan di Kabupaten Batanghari. Menurut Fadhil, untuk membentuk generasi muda yang berkarakter dan tangguh perlu dilakukan peningkatan kualitas dan fasilitas pendidikan. Hal tersebut sejalan dengan program dan visi Bupati Muhammad Fadhil Arief dan Wakil Bupati Bakhtiar.

Selain peningkatan mutu dan kualitas pendidikan, ia mengatakan hal yang pertama dilakukan pihaknya adalah dengan menjamin kesehatan masyarakat. Dengan masyarakat yang sehat, menurutnya maka sistem pembelajaran dan sumber daya manusia yang dihasilkan akan berkualitas.

Dimana di tahun 2023 ini, Pemerintah Kabupaten Batanghari berhasil meraih Universal Health Coverage (UHC) kepesertaan JKN KIS sebesar 96,66 persen dari jumlah penduduk Kabupaten Batanghari.

“Tingkat literasi kita masih rendah, maka untuk meningkatkan manusia yang berintelektual minat baca harus ditingkatkan. Tidak bisa, baca berita hanya judulnya saja. Baca buku hanya dibaca saja. Tapi harus dipahami apa makna dan isinya,” kata Fadhil didepan Mahasiswa IAIN Batanghari.

Bupati Fadhil mengatakan, pihaknya juga mendorong program guru penggerak dan sekolah penggerak di Kabupaten Batanghari. Karena, dengan adanya program merdeka Belajar. Para peserta didik tidak hanya mendapatkan ilmu tetapi juga pembentukan karakter.

Dia berharap, para mahasiswa yang duduk di perguruan tinggi IAIN ini dapat menjadi roda penggerak perubahan untuk mewujudkan sumber daya manusia yang lebih baik.

Selain Bupati Batanghari Muhammad Fadhil Arief, Seminar internasional dan kuliah umum IAIN Batanghari juga diisi oleh Prof.Dr Abdul Karim bin Ali yang merupakan Deputy Dean of Higher Degree Academy of Islamic Studies University of Malaya dan Prof. Dr Mustadin Taggala yang merupakan Pj Lintas Sektor Pelayanan Kepemudaan, Deputi Peng. Pemuda Kemenpora RI dan Dekan Fakultas Pisikologi Universitas Azahra Jakarta. (*)