Kualitas Udara Kian Memburuk, Pemkab Batanghari Gelar Rakor

Kegiatan Rakor Karhutla di Serambi Rumdis Bupati Batanghari/foto:ist

BATANGHARI,
BulianId  - Pasca kebakaran hutan dan lahan di Muaro Jambi membuat udara tidak sehat, sehingga masyarakat dianjurkan menggunakan masker.

Tak hanya di Kabupaten Muaro Jambi, kualitas udara dalam kategori tidak sehat juga mulai terasa di Kabupaten Batanghari

Menyikapi kualitas udara mulai tidak sehat, Asisten I Sekretariat Daerah Kabupaten Batanghari Muhammad Rifa"i membuka Rapat Kordinasi Karhutla tahun 2023.

Adapun Rakor ini digagas Polres Batanghari, menyikapi perkembangan kondisi udara khususnya wilayah Kabupaten Batanghari semakin menurun kualitasnya yang merupakan dampak dari adanya titik panas (hot spot) dan bahkan di beberapa lokasi adanya titik api (fire spot) yang terjadi dalam waktu dekat ini.

Berdasarkan data dari BPBD Kabupaten Batanghari, mencatat 161 hot spot, dengan yang berhasil di padamkan 40 titik api dari luasan 119 hektar.

"Dengan kondisi udara tidak sehat, ini warning bagi kita semua agar kita selalu waspada, bahu-membahu mengantisipasi hal ini semakin parah," kata Rifai.

Kata Rifai, dalam Rakor ini kita akan merumuskan dengan adanya aksi/tindakan untuk mengantisipasi dari kebakaran hutan yang di sengaja ataupun yang tidak sengaja sehingga akan menyebabkan kabut asap dan menjadi kualitas udara tidak sehat.