Empat Politisi Muda Batanghari Bertarung di Pileg Tingkat Provinsi Jambi

Empat politisi muda Batanghari yang ikut bertarung di Pileg Provinsi Dapil II Jambi /foto:ist 
BATANGHARI,BulianId Pelaksanaan pemilu 2024 semakin dekat, memasuki akhir tahun 2023 ini, sejumlah politisi yang akan bertarung di Pemilihan Legislatif (Pileg) baik di tingkat Kabupaten Batanghari maupun Provinsi Jambi sudah mulai tebar pesona. Dapat dilihat saat ini, beberapa titik central sudah terpasang alat peraga kampanye (APK) bacaleg yang akan menjadi kontestan Pemilu 2024. 

Terkait  pemilihan wakil rakyat, untuk saat ini di Batanghari sendiri ada beberapa politisi yang akan bertarung pada tingkat Provinsi Jambi di Dapil II Jambi (Batanghari - Muaro Jambi). Selain incumbent, juga banyak pendatang baru yang ikut berkompetisi diajang pemilihan wakil rakyat tersebut. 

Dari semua kontestan Pemilu, berdasarkan penelusuran Bulian.Id, terdapat empat orang politisi muda yang akan bertarung di Pileg tingkat Provinsi Jambi yakni, Muhammad Hafiz Fattah dari PAN, Ibnu Satria Ramadhan dari Partai NasDem, Tandri Saputra dari PPP dan Junaidi Nasarudin dari Partai Demokrat.    

Di periode ini, ke empat tokoh muda ini baru pertama kali mengikuti kontestasi Pileg tingkat Provinsi Jambi. Meskipun demikian, keempatnya mempunyai keyakinan bahwa mereka akan mampu meraup suara terbanyak guna memperjuangkan aspirasi masyarakat, khususnya Batanghari dan Muaro Jambi.


1. Muhammad Hafiz Fattah (PAN)

Sebagai ketua DPD PAN Batanghari, tentunya basis Hafiz Fattah tidak bisa dianggap remeh, terlebih lagi saat ini Hafiz merupakan anggota PAN Batanghari satu-satunya yang mewakili Kabupaten Batanghari untuk bertarung di tingkat provinsi. Pastinya, hal itu menjadi keuntungan bagi Hafiz Fattah, mengingat saat ini PAN masih sebagai partai pemenang dan mendapatkan kursi pimpinan DPRD Batanghari pada pileg 2019 lalu.

Saat dibincangi Bulian.Id, Hafiz Fattah mengatakan, jauh sebelumnya, ia memang sudah berniat untuk maju pada kontestasi Pileg tingkat provinsi tersebut. Hal itu tidak lepas dari restu para kader PAN, simpatisan dan masyarakat Batanghari.

“Sebelumnya tim kita juga sudah turun langsung ke masyarakat, atas izin masyarakat Batanghari saya pun siap untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat Batanghari – Muaro Jambi di tingkat Provinsi Jambi,” ujarnya.

Demi kepentingan masyarakat Batanghari – Muaro Jambi, Hafiz Fattah pun fokus untuk memenangkan pemilu 2024 ini. Tidak hanya itu saja, Putra dari Abdul Fattah ini mengaku siap mengemban amanah yang diberikan oleh masyarakat nantinya.  

“Intinya saat ini jelas saya fokus dalam ikhtiar menuju DPRD Provinsi Jambi dapil II (Batanghari- Muaro Jambi,red),” singkatnya.   


2. Ibnu Satria Ramadhan (NasDem)  

Ibnu Satria Ramadhan atau akrab disapa Dedek, ia sendiri baru pertama kali mengikuti kontestasi politik ini. Dengan niat membangun Kabupaten Batanghari, Dedek pun berkeyakinan perjuangan dan usahanya akan mendapatkan hasil yang maksimal.

Jika berbicara ketokohan, Dedek sendiri merupakan anak dari Wakil Bupati Batanghari H Bakhtiar, yang tentunya juga mempunyai basis, simpatisan dan militan sendiri.

Kepada Bulian.Id Dedek menuturkan, terlibatnya dia dalam kontestasi ini tentunya tak lepas dari restu orang tua dan keluarga besar, serta rekan-rekan sejawatnya. 

“Visi dan misi, tentunya kita akan berjuang membangun Kabupaten Batanghari di tingkat Provinsi Jambi. Sebab saat ini posisi nilai tawar Batanghari masih lemah untuk di Provinsi Jambi,” kata dia.

Menurutnya, majunya suatu kabupaten/kota tidak lepas dari peran bantuan provinsi. Terlebih saat ini masih ada sebagian besar hal di Batanghari yang dikuasai oleh Pemprov Jambi, mulai dari kebijakan hingga asset-asset daerah.

“Juga keterwakilan Batanghari juga masih sedikit di tingkat Provinsi. Tapi ketika berbicara aspirasi, fungsi kita nanti juga memperjuangkan kabupaten lain, tidak hanya fokus Batanghari saja,” sambungnya. 

Lanjut dia, terhadap kontestan lainnya, ia sendiri tidak menganggap mereka sebagai saingan politik, melainkan mitra yang akan berjuang untuk kepentingan rakyat Batanghari —Muaro Jambi.

“Jika diamanahkan untuk mewakili rakyat di DPRD Provinsi Jambi, tentunya kita tidak bisa berjuang sendirian. Itulah peran kita bersama anggota DPRD nantinya, yakni berjuang bersama membangun Batanghari - Muaro Jambi dan kabupaten/kota lainnya,” pungkasnya.        


3. Tandri Saputra (PPP)

Sosok politisi sekaligus pengusaha muda ini juga baru pertama kali terlibat sebagai kontestan pemilu. Dengan membawa bendera PPP, yang mana partai tersebut dikomandoi oleh Bupati Batanghari MFA sebagai ketua DPW Provinsi Jambi, tentunya keberadaan Tandri tidak bisa dianggap remeh oleh kontestan lainnya.

Keberhasilan pembangunan yang dibuat oleh Bupati Batanghari tentunya bisa menjadi salah satu modal bagi Tandri untuk menarik simpati masyarakat Batanghari khususnya. Tidak hanya itu saja, di beberapa tempat, Tandri juga secara diam-diam sudah membentuk tim pemenangan hampir di setiap kecamatan.

Saat dijumpai Bulian.Id, terlibatnya dia dalam kontestasi Pileg Provinsi Jambi ini pastinya sudah dipertimbangkan secara matang. Terlebih lagi, sebagai warga Batanghari Tandri ingin terlibat langsung dalam memajukan Kabupaten tertua ini.

“Ada banyak hal yang mesti kita perjuangkan dalam membangun Batanghari. Kita juga masih butuh dukungan dari tingkat provinsi. Insya allah, jika masyarakat mengamanahkan sebagai wakil rakyat di parlemen, maka ini merupakan salah satu cara untuk membangun daerah kita,” kata dia. 

Sebagai bacaleg dari PPP, tentunya visi-misi yang dia bawa akan seiring sejalan dengan Bupati Batanghari. Apa lagi saat ini Bupati Batanghari terus menggenjot pembangunan infrastruktur, sarpras, ekonomi, dan sosial. 

“Mudah-mudahan pada pemilu 2024 mendatang masyarakat dapat menilai sosok-sosok mana yang memiliki niat besar untuk memperjuangkan pembangunan daerah dan aspirasi masyarakat Batanghari dan Muaro Jambi” pungkasnya.      


4. Junaidi Nasarudin (Demokrat)

Sebagai ketua DPC Demokrat Batanghari, tentunya Junaidi juga mempunyai basis masa dan simpatisan. Terlebih saat ini Demokrat mempunyai 3 kursi di DPRD Batanghari. Jika kader dan simpatisan Demokrat bergerak secara solid untuk memenangkan ketua DPC tersebut, tak dipungkiri Junaidi akan melenggang ke DPRD Provinsi Jambi, sebab ia merupakan calon satu-satunya dari DPC Demokrat Batanghari yang bertarung di Pileg Provinsi Jambi.   

Saat dijumpai Bulian.Id, Junaidi menyebutkan, keinginannya untuk maju di Pileg tingkat provinsi ini tentunya berdasarkan dorongan dari sebagian besar masyarakat dan kader partai Demokrat. Tidak hanya itu saja, ia pun ingin menjadikan Demokrat sebagai partai pemenang pada Pemilu 2024. 

“Jauh sebelum ini kita sudah mempersiapkan diri. Modal dasar untuk maju yakni adanya dukungan dan dorongan dari seluruh pengurus partai mulai dari tingkat ranting, PAC hingga DPC,” ujarnya.

Bagi Juanidi, maju di pileg provinsi bukan semata untuk membesarkan Partai Demokrat saja, tetapi juga menginginkan adanya keterwakilan masyarakat Batanghari yang duduk di parlemen provinsi Jambi.

“Banyak cara untuk memajukan pembangunan Kabupaten Batanghari ini, dan salah satunya memperjuangkan aspirasi masyarakat Batanghari di tingkat Provinsi Jambi,” sambungnya.

Pada pemilu 2024 ini dirinya meyakini semua pengurus Demokrat Batanghari akan solid memenangkan caleg partai Demokrat yang bertarung di Dapil II Jambi (Batanghari - Muaro Jambi).

“Yang jelas kita terus berusaha dan ikhtiar. Semoga pada Pemilu ini, masyarakat Batanghari – Muaro Jambi mengamanahkan kami sebagai penyambung aspirasi mereka di tingkat provinsi,” pungkasnya. (ANI)