Dampak Temuan BPK RI, Pemkab Batanghari Tunda Pencairan Dana TC Peserta MTQ

Penyambutan peserta MTQ Provinsi Jambi beberapa waktu lalu/foto:ist
BATANGHARI,BulianIdMeskipun lomba MTQ tingkat Provinsi Jambi sudah usai, namun kafilah/kafilawati masih belum menerima dana training center yang semestinya dicairkan dalam 4 tahap. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Batanghari, Munir, Jumat (22/09/2023).

Alasan penundaan pencairan dana TTC tersebut bukan tanpa sebab, melainkan dampak dari temuan/rekomendasi LHP yang dikeluarkan BPK RI beberapa bulan lalu.  

“Kita masih menunggu hasil dari tindak lanjut temuan BPK RI, itu harus ada penyesuaian berdasarkan rekomendasi. Salah satunya kerena rekening penganggaran yang digunakan tidak sesuai dan standar honorarium harus mengacu pada perpres,” ujarnya. 

Lanjut Munir, pencairan dana TC kafilah peserta MTQ Provinsi Jambi tersebut awalnya baru dicairkan 1 tahap, namun karena Pemkab Batanghari enggan mengambil resiko yang kedua kalinya, maka mereka terpaksa harus menunda pencairan tersebut. 

“Semua peserta MTQ sudah kita beritahu, alhamdulillah mereka mau menerima alasan itu. Kalau kita paksakan bayar sekarang, takutnya jadi temuan dan mereka harus mengembalikan ke kasda,”ujarnya. 

Dikatakannya, setelah hasil tindak lanjut tersebut keluar, otomatis dana tersebut akan segera dicairkan setelah APBD-P 2023 ketok palu.

“Kita pengen menyesuaikan dulu di APBD-P, di rekening penganggaran tu. Akan kita cairkan pada November mendatang. Yang belum dibayar bukan hanya dana TC saja, tapi honor Dai dan pegawai syara juga belum kita bayarkan,” pungkasnya.(ANI)