Wasit Basket Diduga Berpihak, PERBASI Batanghari Bakal Layangkan Surat Protes

Pertandingan semifinal basket putra antara tim Batanghari dan tim Merangin,/foto:ist
BATANGHARI,BulianId - Pertandingan semifinal cabor basket putra antara tim Merangin melawan tim Batanghari yang berlangsung di GOR Kota Baru Jambi  berakhir dengan protes terhadap panitia penyelenggara Porprov XXIII Jambi 2023, Sabtu (08/07/2024).

Surat protes tersebut akan dilayangkan oleh PERBASI Batanghari melalui KONI Batanghari ke panitia penyelenggara Porprov Jambi.

Bagaimana tidak, hasil pertandingan 5 on 5 yang berakhir dengan skor 72-70 diungguli oleh tim Merangin. Namun, hasil tersebut dianggap tidak sah oleh PERBASI Batanghari. Sebab, 3 poin terakhir yang diberikan oleh wasit kepada tim Merangin setelah waktu di Digital Score sudah berakhir.

"Saat bola masih di tangan pemain Merangin waktu pada digital score sudah habis, tapi pluit tidak ditiupkan oleh wasit pertandingan. Karena wasit menunggu intruksi dari komentator pertandingan," ujar ketua PERBASI Batanghari, Adi Saputra, Sabtu (08/07/2023).

Semestinya, kata Adi, wasit harus mengacu pada digital score, bukan berdasarkan intruksi dari komentator pertandingan.

"Kita sudah mengajukan protes secara lisan kepada penyelenggara pertandingan, namun mereka tetap bersikeras memberikan poin kepada tim Merangin," sambungnya.

Menanggapi hal tersebut, Agus Budi Yarso selaku pemantau/pendamping Cabor Basket Batanghari dari KONI Batanghari menyebutkan, meneruskan permintaan dari PERBASI Batanghari, maka KONI Batanghari akan membuat dan melayangkan surat protes kepada PB Porprov XXIII Jambi.

"Kita akan menempuh jalur sesuai dengan aturan yang berlaku, dan kita akan membantu teman-teman cabor basket agar hasil akhir yang diperoleh sesuai dengan aturan pertandingan," ujarnya.

Lanjutnya, jika memang benar wasit tersebut diduga memihak ke salah satu peserta lomba, maka KONI Batanghari meminta agar panitia penyelenggara mengevaluasi wasit tersebut. Sebab, kejadian ini tidak hanya sekali, sebelumnya pada pertandingan 3 on 3, wasit juga bersikap seperti itu.

"Akan kita sampaikan surat protes atas hasil pertandingan tadi. Dan jika panitia tidak mengindahkan penyampaian tersebut, kemungkinan PERBASI Batanghari tidak akan mengikuti pertandingan selanjutnya. Karena kami enggan mengakui hasil pertandingan tadi," singkatnya.(ANI)