Bupati Batanghari Hadiri Acara Festival Grebeg Syuro

Bupati buka acara Grebeg Syuro di Kecamatan Muara Bulian/foto:ist

BATANGHARI,
BulianId  - Peringatan Tahun Baru Islam 2023 menjadi momentum untuk berbenah diri menjadi lebih baik.

Hari ini bertepatan 1 Muharam 1445 Hijriah merupakan pergantian tahun Islam yang ramai disambut oleh ummat Islam.

Seperti di Kelurahan Sridadi, Kecamatan Muara Bulian, Kabupaten Batanghari, ratusan warga menggelar festival grebeg 1 syuro dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 Hijriah.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Batanghari Muhammad Fadhil Arief, sekaligus membuka acara festival.

Acara yang berlangsung dii lapangan bola kaki Kelurahan Sridadi ini merupakan kali ke 5 yang adakan festival grebeg 1 syuro untuk memeriahkan Tahun Baru Islam 1 Muharram.

"Festival grebeg 1 syuro yang merupakan kekayaan budaya adat Jawa yang hadir ditengah masyarakat, sebagai ajang mempererat silaturrahmi bersama di Batanghari, serta sebagai ucapan rasa syukur warga. Di Tahun Baru Islam 1 Muharram  ini untuk saling berbagi dan menjadikan pemersatu antara sesama," ungkapnya Fadhil Arief.

Dalam festival tersebut juga hadir Gubernur Jambi,   Abdullah Sani, dan  turut mengapresiasi tradisi tahunan warga Sridadi yang diselenggarakan secara swadaya masyarakat ini.

" Kita apresiasi festival grebeg syuro ini , dan Pemerintah Jambi di tahun akan datang siap akan membantu penyaluran dana untuk festifal ini," janji Wagub Sani, Rabu (19/7/2023).

Selain itu Wagub Sani jugamenceritakan sejarah perjuangan Rasulullah SAW  di tahun hijriah sebagai nilai tauladannya dapat menjadi introspeksi diriuntuk menjadi lebih baik di tahun berikutnya.

Adapun Festifal grebeg syuro yang diselenggarakan warga kelurahan Sridad  disuguhkan makan bersama sebagai wujud rasa syukur kehadirat Allah SWT yang telah banyak menganugerahi rezkinya kepada warga.