Lokasi Dipindah, Pembangunan Road Race Batanghari Bakal Ditunda

Kadis Perkim Batanghari, A Shomad/foto:doc
BATANGHARI,BulianIdMasyarakat Kabupaten Batanghari sepertinya harus bersabar untuk menonton race atau balapan di sirkuit Kabupaten Batanghari, sebab pembangunan road race (sirkuit) di tahun 2023 ini bakal tertunda dan dimulai pada 2024 mendatang.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Bulian.Id, pembangunan road race yang semestinya berlokasi di dekat Pasar Ternak bakal dipindah di lokasi lain. Pengerjaan proyek yang bakal menelan anggaran kurang lebih sebesar Rp. 20 miliar itu pun harus menunggu setelah penentuan lokasi dan ganti rugi lahan diselesaikan oleh Pemda Batanghari.

Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman (Perkim) Batanghari, A Shomad mengatakan, salah satu alasan pemindahan lokasi pembangunan sirkuit tersebut yakni karena Batanghari akan menjadi tuan rumah dari event drag race.

“Sirkuit tersebut juga untuk event drag race, karena sedang booming, mumpung peluang itu ada. Dan mengingat luas lahan yang dibutuhkan, lokasi lama tersebut tidak cukup, karena hanya seluas 2,4 hektare,” ujarnya, Jumat (09/06/2023).

Lanjut dia, setelah Pemda Batanghari berkonsultasi dengan beberapa pihak, jika sirkuit tersebut akan digunakan untuk event drag race, lebar aspal sirkuit minimal 8 sampai 10 meter, dan membutuhkan lintasan lurus yang panjang. 

“Tapi untuk pembangunannya, OPD teknis yang lebih memahami. seingat saya, kemarin lebar aspal cuma 6 meter dengan kebutuhan lahan seluas 2,4 hektare. Kalau sekarang butuh luas lahan sebanayak 5 hektare. Beberapa waktu lalu kita juga sudah membahas ini dengan beberapa OPD terkait,” ungkapnya.

Dikatakannya, untuk pembangun sirkuit pun tidak bisa dilakukan secara terburu-buru jika menginginkan hasil yang maksimal dan sesuai standar. Dan saat ini Pemda Batanghari sudah memiliki beberapa opsi tempat yang akan dijadikan lokasi pembangunan sirkuit tersebut. 

“Jika sudah oke, maka kita kan segera memproses penyelesaian ganti rugi lahan, untuk ganti rugi lahan tentunya ada tahapan kajian dari KJPP dan lainnya. Jika selesai dalam waktu dekat ini, mungkin di Desember 2023 sudah bisa proses lelang,” tutupnya. 

Untuk diketahui, Pembangunan Road Race merupakan program prioritas Batanghari Tangguh di nomor urut 34, dan saat ini pemerintah daerah tengah berupaya menjalankan tiga program Fadhil-Bakhtiar yang belum terlaksana, salah satunya Pembangunan Road Race.(ANI)