Jalur Angkutan BB di Samping Pasar, Camat Bathin XXIV : Tidak Ada Pemberitahuan ke Kecamatan

Pembukaan lahan jalur angkutan batubara di Kelurahan Durian Luncuk/ foto:ist
BATANGHARI,BulianIdBanyaknya perusahaan batubara yang beroperasi di wilayah Kecamatan Bathin XXIV, sehingga perusahaan pun berupaya membuka jalur khusus guna mengangkut hasil tambang dari stockpile menuju ke jalan lintas.

Berdasarkan informasi yang dihimpun awak media, saat ini ada beberapa perusahaan tengah membuka jalan khusus tersebut. Dan salah satunya membuka jalur di sebelah Pasar Rebo Durian Luncuk.

Pembukaan lahan tersebut kurang lebih sepanjang 100 meter. Dan akan digunakan sebagai jalur keluar mobilisasi angkutan batubara dari stockpile, jalur khusus kemudian menuju ke jalan nasional Bathin XXIV - Muara Tembesi.

Camat Bathin XXIV, Rinto Saputra mengatakan, memang saat ini ada dua perusahaan yang beroperasi di wilayah Kelurahan Durian Luncuk tengah membangun jalur batubara dan dua perusahaan tersebut sudah mengurus izin pembangunan jalan juga sudah melapor ke pemerintah setempat baik di tingkat kabupaten maupun kecamatan. 

Tetapi, Rinto menyebutkan baru-baru ini ada aktivitas pembukaan lahan yang berlokasi di samping Pasar Rebo Durian Luncuk, namun ia belum mengetahui secara pasti akan digunakan untuk apa. 

"Namun beberapa hari ini, ada yang membuka lahan di dekat Pasar Rebo Durian Luncuk. Nah tidak tahu itu untuk apa. Informasinya untuk jalur keluar angkutan batubara. Karena memang tidak ada pemberitahuan ke kami," ujarnya, Sabtu (25/02/2023).

Menurut Rinto, selama beberapa hari ini dia melihat ada proses pembukaan lahan di dekat pasar tersebut. Rinto pun mengarahkan agar awak media mengkonfirmasi Lurah Durian Luncuk untum mendapatkan informasi lebih detail. 

"Karena belum ada yang melapor ke kecamatan, coba kawan-kawan konfirmasi ke lurah, karena beliau lebih memahami wilayah Durian Luncuk," tutupnya. (TIM)