Terkait Revitalisasi Pasar, Pemkab Batanghari Dipanggil Kementerian Perdagangan RI

Pembangunan Pasar Pal V Muara Tembesi yang menggunakan APBN 2022 /foto:ist 
BATANGHARI,BulianIdPemerintah Kabupaten Batanghari melalui Dinas Koperasi, Perdagangan dan UKM akan menghadap Kementerian Perdagangan Republik Indonesia (Kemendag RI), hal tersebut diungkapkan langsung oleh Kepala Dinas KopDagUKM, Martha Dinata Jumat (21/01/2023).

Tujuan dari pertemuan tersebut, pihak kementerian akan me-review hasil laporan pembangunan Pasar PU Pal V Muara Tembesi yang dikerjakan pada tahun 2022, juga terkait pengajuan pembangunan pasar Sungai Rengas dan Keramat Tinggi untuk tahun 2023 ini.

“Akhir tahun 2022 kita sudah mengajukan revitalisasi pasar Sungai Rengas dan Keramat Tinggi, namun pihak kementerian akan me-review terlebih dahulu hasil laporan dari setiap daerah yang menerima Dana Tugas Perbantuan (TP) di tahun 2022,” ujarnya.

Lanjutnya, meskipun pembangun pasar Muara Tembesi belum sepenuhnya rampung, itu bukanlah kendala bagi pemda untuk menjemput dana dari pemerintah pusat. Sesuai dengan perintah kementerian, Pemda boleh mengusulkan/mengajukan sebanyak-banyaknya.

“Kementerian akan me-review terlebih dahulu, dalam artian mereka punya catatan, kabupaten/kota mana yang akan diberikan dana TP tahun ini. Dan jika ada pembangunan pasar yang belum selesai, mereka sudah pegang catatannya,” sambungnya.

Martha menyebutkan, untuk rencana revitalisasi pasar di tahun 2023 tersebut, Pemda mengajukan anggaran sebesar Rp 44 Miliar untuk Pasar Keramat Tinggi dan Rp 17 Miliar untuk Pasar Sungai Rengas.

“Sesuai masterplan kita, segitu anggaran yang dibutuhkan. Jika di ACC oleh pemerintah pusat kurang dari jumlah tersebut, maka akan langsung diubah komponen mana saja yang akan dibenahi, nanti kementerian akan langsung menyiapkan perencanaannya,” tuturnya.

Sebut Martha, tujuan dari review hasil pengerjaan pasar di tahun 2022 tersebut juga merupakan target Kemendag RI untuk mengejar WTP. Sehingga memerlukan laporan keuangan dari setiap daerah yang menerima dana TP pembangunan pasar dan gudang.

“Ada sekitar 140 daerah yang akan dikumpulkan pada hari Selasa-Jumat nanti. Dan kita termasuk salah satunya,” tutupnya. (ANI)