Nomenklatur Baru “Ancam” Posisi Fahrizal dan Pane

Sekda, Asisten I, dan Kepala BKPSDMD Batanghari saat dijumpai awak media/foto:ONE
BATANGHARI,BulianId - 2022 lalu, nomenklatur OPD di lingkup Pemerintah Kabupaten Batanghari sudah disahkan. Menurut Kepala BKPSDMD, Mula P Rambe, pengesahan tersebut sudah sesuai dengan Perda nomor 10 tahun 2022 dan Perbup nomor 80 tahun 2022.

“Jadi, ada dua jenis penggabungan OPD, seperti Balitbangda bergabung dengan Bappeda menjadi Baperida.  Dinas Ketahanan Pangan dan Hortikultura dengan Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan dimerger menjadi Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan (PPP),” kata Rambe, Jumat (06/01/2024).

Terhadap siapa yang yang akan mengisi jabatan OPD baru tersebut, dia mengatakan, untuk Baperida tetap diisi oleh Kurniadi karena sudah mengikuti lelang JPT belum lama ini. Sedangkan untuk Dinas PPP bakal diperebutkan oleh Fahrizal dan Mara Mulya Pane.

“Prosesnya kita ajukan terlebih dahulu ke KASN untuk mendapatkan rekom Jobfit. Maka, untuk menentukan siapa pejabat eselon II nya kita lakukan Jobfit antara Farizal dan Pane,” paparnya.

Lalu, bagaimana dengan M Saleh selaku Kepala Balitbangda, dia mengatakan, semua OPD yang terdampak perubahan nomenklatur bisa mengikuti Jobfit. Seperti, Dinas Pol PP, Dinas Perkebunan dan Peternakan, Setwan, Balitbangda, Dinas Perikanan dan Dinas Pertanian dan Hortikultura.  

“Kita mengajukan enam nama pejabat eselon II untuk mengikuti jobfit, nanti dimana mereka ditempatkan sesuai dengan hasil penilaian kompetensi. Jadi tidak menutup kemungkinan selain Pane dan Fahrizal yang mengisi jabatan Kadis PPP. Intinya, hasil jobfit nanti akan menentukan dimana mereka akan ditempatkan,” lanjutnya.

Selain melebur empat OPD menjadi dua, perubahan dan pemindahan bidang juga dilakukan dibeberapa OPD, seperti Bidang Perindustrian yang sebelumnya tergabung di Dinas Perindagkop ditarik ke Dinas Nakertrans, kemudian juga adanya Bidang Tata Ruang di Dinas PUPR Batanghari. (ANI/RED)