Anak Buah Bermasalah, Peluang Baidawi jadi Kadishub Definitif Menipis?

Ilustrasi jabatan kosong/ foto:google
BATANGHARI,BulianId Terjadinya kasus OTT Pungli di ruang lingkup Dinas Perhubungan Batanghari nampaknya memberikan pengaruh terhadap kinerja Dishub Batanghari. Sebab, pasca kejadian tersebut, Terminal Muara Bulian sempat tidak dijaga oleh petugas pada Sabtu siang (17/12/2022)

Selain itu, pihak Polda Jambi juga akan memanggil pihak-pihak terkait di Dishub Batanghari. Baidawi yang merupakan Plt Kadis Perhubungan diduga juga akan dimintai keterangan oleh pihak Polda Jambi terkait kasus yang dialami oleh anak buahnya.

Menariknya, Baidawi sendiri saat ini digadang-gadang bakal menjadi Kadis Perhubungan definitif, sebab ia sendiri lolos dalam tiga besar nama pejabat yang akan mengisi kursi Kadishub Batanghari.

Baidawi diamanahkan oleh Bupati Batanghari untuk menjabat sebagai Plt Kepala Dishub pada awal November lalu, sebab Aminullah dirotasi menjadi Kadis Damkar Batanghari.

Terkait permasalahan di Dishub saat ini akankah mempengaruhi peluang Baidawi untuk menduduki kursi definitif? Anggota Panitia Seleksi Terbuka Pengisian JPT Pratama Pemkab Batanghari, Rifa’i angkat bicara, Sabtu (17/12/2022).

Menurutnya, peristiwa yang dialami oleh 9 orang petugas Dishub Batanghari tersebut tentunya tidak mengurangi peluang Baidawi yang saat ini merupakan calon Kadis Perhubungan Batanghari.

“Proses hukum tidak mempengaruhi, karena penentuan posisi kepala dinas itu merupakan suatu kebijakan. Dan juga peristiwa ini belum tentu menjadi masalah,” ujarnya.

“Memang benar yang melakukan anak buahnya, dan dia belum tentu bersalah demkian dengan anak buahnya. Dalam ilmu hukum ada yang namanya asas praduga tak bersalah, bukan asas praduga bersalah,” sambungnya.

Lanjut Rifa’i, setelah tiga nama muncul sebagai calon kepala OPD, pansel tidak lagi masuk ke ranah penentuan siapa yang akan menjadi pejabat Eselon II tersebut.

“Kalau sudah masuk tiga besar sudah menjadi keputusan KASN, sekretariat dalam posisi ini BKPSDM akan melaporkan nama-nama tersebut. Yang jelas ketiga calon mempunyai peluang besar untuk menjadi Kadis Perhubungan Batanghari,” pungkasnya. (ANI)