KPU Batanghari Sosialisasi dan Fasilitasi PPPU ke Insan Pers

KPU Batanghari Sosialisasi tentang Pemilu Tahun 2024 kepada Insan Pers 

BATANGHARI, BulianId - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Batanghari undang Insan Pers ke Taman Bukit Berbunga Desa Rantau Puri, guna melaksanakan Sosialisasi dan Fasilitasi Pendidikan Pemilih Pemilihan Umum (PPPU) Tahun 2024, Senin (14/11/2022).

Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh KPU bertujuan untuk, mempermudah dalam penyebaran informasi KPU kepada seluruh masyarakat Kabupaten Batanghari melalui Insan Pers tentang tahapan-tahapan Pemilu Tahun 2025.

"Dalam posisi seperti ini, pers punya peran sangat strategis.  Pertama, sebagai media untuk mensosialisasikan semua tahapan dalam proses Pemilu. Banyak aspek bisa diangkat pers agar masyarakat makin bergairah dan bersemangat untuk berpartisipasi," kata Ketua KPU Batanghari A. Kadir.

"Kedua, pers menjadi sarana pendidikan politik bagi masyarakat. Pemilu adalah peristiwa politik yang akan dimanfaatkan oleh berbagai kelompok kepentingan (vested interest) terkait dengan kekuasaan. Beberapa pihak akan berusaha sekuat tenaga untuk bisa meraih kepentingan yang diinginkan termasuk mengunakan media sebagai ajang sosialisasi," sambungnya.

Diterangkan Ketua KPU Batanghari, pers juga berperan penting dalam melakukan kontrol atas pelaksanaan Pemilu, dengan melaporkan praktik-praktik curang, sejak tahap pendaftaran pemilih hingga penghitungan suara. 

"Karena pesta demokrasi ini melibatkan berbagai elemen masyarakat yang bisa menimbulkan gesekan dan konflik. Sehingga perlu diikelola dan dikontrol dengan baik," ungkapnya.(ONE).