Bupati Batanghari Saksikan Lomba Bekarang Basamo

Bupati Batanghari Muhammad Fadhil Arief bersama peserta lomba Bakarang Basamo, Foto/Ist

BATANGHARI, BulianId - Bupati Batang Hari Muhammad Fadhil Arief, membuka sekaligus menyaksikan keseruan lomba bekarang basamo di kolam Bebean Kelurahan Rengas Condong, Kecamatan Muara Bulian, Batanghari pada Rabu (23/11/2022).

Kegiatan lomba yang dibuka oleh Bupati tersebut juga dihadiri para Kepala OPD Kabupaten Batanghari, Camat Muara Bulian, Lurah Muara Bulian, Lurah Rengas Condong serta para peserta lomba bekarang basamo.

Kegiatan ini merupakan rangkaian, peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Batanghari yang ke-74. Bupati Batanghari Muhammad Fadhil Arief mengajak semua pihak agar dapat meramaikan dan mensukseskan kegiatan-kegiatan dalam rangka peringatan HUT ke-74 Kabupaten Batanghari yang diisi dengan berbagai macam perlombaan.

"Kita sudah menyaksikan, lomba bekarang ini adalah tradisi kita di dusun, tetap kita lestarikan dan kami juga mengajak kepada seluruh masyarakat dan elemen terkait untuk mensukseskan semua event-event dalam rangka HUT ke-74 Kabupaten Batanghari ini," katanya.

Sejarah masyarakat Batanghari, di masa lalu tentang cara menangkap. Masyarakat pada umumnya menangkap ikan hanya dengan menggunakan peralatan-peralatan sederhana yang terbuat dari bambu dan rotan. Cara menangkap ikan dengan peralatan sederhana tersebut dikenal dengan nama 'Bekarang Basamo'.

Perlengkapan tersebut di Kabupaten Batanghari dikenal dengan nama serkam dan ambung. Serkam untuk menggiring dan menangkap ikan, ambung digunakan untuk menampung hasil tangkapan. (ONE).