Sekda Batanghari Secara Resmi Membuka LT-II Kwarran Gerakan Pramuka Bajubang

Foto bersama Regu Penggalang SMPN 2 Batanghari bersama Pengurus Pramuka Kabupaten Batanghari/ONE

BATANGHARI, BulianId - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Batanghari M. Azan secara resmi membuka kegiatan Lomba Tingkat Regu Pramuka Penggalang Dua (LT-II) Kwartir Ranting (Kwarran) Gerakan Pramuka Bajubang Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Batanghari Tahun 2022, di Halaman Upacara SMPN 2 Bajubang, Kelurahan Bajubang, Kecamatan Bajubang, Kabupaten Batanghari.

Selain ratusan peserta, tampak hadir juga Kakak Ketua Majelis Pembimbing ranting, Kakak ketua kwartir ranting, Kakak ketua tim juri beserta anggota, Camat Bajubang dan Babinsa Bajubang.

Dalam sambutannya, Sekda Batanghari yang juga merupakan Ketua Kwarcab Batanghari M. Azan mengatakan LT-II merupakan pertemuan pramuka penggalang dalam bentuk perlombaan baik beregu maupun perorangan atas nama regu dalam bentuk perkemahan. Lomba Tingkat juga memiliki jenjang tingkatan seperti LT-I di tingkat gugus depan (GUDEP), dan LT-II di tingkat Kwartir Ranting (KWARRAN), kemudian LT-III di tingkat Kwarcab atau Kabupaten. 

"Di jenjang LT-IV itu tingkat Daerah (Provinsi), serta LT-V tingkat Nasional perwakilan dari masing-masing Kwartir Daerah," ucapnya.

Pemenang dari LT-II ini dapat mewakili Kwartir Ranting untuk mengikuti LT-III yang diselenggarakan oleh Kwartir Cabang pada akhir Oktober mendatang.

"Melalui lomba ini yang terpenting adalah bagaimana mendapatkan pengalaman berharga sebagai generasi bangsa yakni belajar berdisiplin, belajar menjadi pemimpin dan belajar dipimpin," ujarnya.

Foto pengurus Pramuka Kabupaten Batanghari bersama seluruh peserta LT-II Kwarran Gerakan Pramuka Bajubang/Ist

Sementara itu selaku Ketua Harian Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Batanghari Zulkarnain menyebutkan, kegiatan hari ini merupakan persiapan LT-III yang akan dilaksanakan diperkirakan akhir Oktober ini. 

"Kita laksanakan pertahap dari LT-I, II, III dan seterusnya," katanya.

Dari seluruh rangkaian kegiatan pada LT-II Kwarran Gerakan Pramuka Bajubang, ada 12 macam perlombaan yang dinilai.

"Dengan 12 mata Lomba yang dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 21 hingga 23 Oktober 2022, yang dinilai oleh juri," sebutnya.

Dirinya berharap dari pelaksanaan LT-II ini hasilnya maksimal dan yang dikirim dari Kwarran Gerakan Pramuka Bajubang ini adalah orang-orang terpilih, sesuai dengan nilai yang diberikan oleh tim juri.

Ia juga sangat berterima kasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Batanghari, karena sumbangsih yang telah diberikan dalam kegiatan ke Pramukaan di Kabupaten Batanghari.

"Pelaksanaan seluruh kegiatan Pramuka ditanggulangi atau dibiayai seluruhnya oleh dana APBD Pemerintah Kabupaten Batanghari," ungkapnya.

Adapun kegiatan LT-II Kwarran Gerakan Pramuka Bajubang diikuti 40 regu penggalang dengan jumlah sebanyak 320 peserta, 6 Penggalang dari tingkat SMP sederajat dan 14 Penggalang dari tingkat SD sederajat.(ONE).