Sekda Azan Menghimbau, Seluruh ASN Batanghari Menggunakan Produk Lokal

Sekda Batanghari beserta jajaran dan petani, Foto/ONE

BATANGHARI, BulianId Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batanghari mengimbau agar seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) daerah untuk membeli produk dalam Negeri, hal ini dilakukan guna menekan inflasi belanja negara, sesuai arahan Presiden, tentu wujudnya dalam Pemerintah Daerah (Pemda).

“Berkenaan dengan ini sesuai intruksi Presiden kita melaksanakan semacam pembelian produk-produk pangan lokal yang dihasilkan oleh daerah sendiri, dan kita lakukan mungkin rutinitas perbulan. Produksi-produksi pangan lokal yang ditanam petani kita secara berkelanjutan akan dibeli oleh kami-kami ASN, sehingga nanti pemasaran dari hasil produksi lokal petani-petani kita dapat kita wujudkan untuk pemasarannya nanti,” ucap Sekretaris Daerah (Sekda) Batanghari M. Azan, dihalaman Kantor Bupati Batanghari, Rabu (05/10/2022).

“Umum boleh, malah kita berterima kasih jika mau bekerjasama. Tapi intinya adalah wujud kepedulian ASN terhadap produk-produk atau pangan-pangan lokal, petani-petani kita,” tegasnya.

Terkait pemasaran produk-produk lokal, ia sampaikan kegiatan ini akan berkelanjutan. Formatnya akan didiskusikan dengan OPD tekhnis, apakah kegiatan ini tetap berlangsung di Kantor Bupati atau ke kecamatan-kecamatan.

“Fleksibellah nanti, tapi kami yakin akan berkelanjutan perbulannya,” ujarnya.

Disebutkan Azan, untuk meningkatkan daya jual diharapkan bersama bagaimana mutu atau kualitas bahan yang dihasilkan para petani meningkat dan lebih baik lagi.

“Bahannya, kemasannya sehingga lebih menarik tentu daya jualnya lebih meningkat,” sebutnya.

Diketahui, dikarenakan ini perdana, produk yang dijual yakni beras, umbi-umbian, sayur-mayur dan bibit-bibit.

“Khusus untuk Batanghari tentu sekali lagi kita harus mencintai produksi dalam negeri dalam artian Kabupaten Batanghari,” ungkap Azan.

Turut hadir dalam acara tersebut, Kepala Dinas Holtikultura, Kadis Perikanan, Kadis Damkar, Kepala Satpol PP, Kabag Ekonomi Setda Batanghari, para petani (penyuplai produk lokal) dan penyuluh dari pertanian.(ONE).