Wakil Bupati Batanghari Sambut Kedatangan Tim Kenduri Swarnabhumi

foto/doc 

BATANGHARI, BulianId - Wakil Bupati Batanghari Bakhtiar sambut kedatangan Tim Kenduri Swarnabhumi 2022 di Tugu Kedaulatan, Kelurahan Pasar Muara Tembesi, Batanghari, Jambi pada Jumat (26/8/2022).

Tim ini tiba di Batanghari setelah bertolak dari Kabupaten Tebo melalui jalur Sungai Batanghari.

Dalam sambutannya Bakhtiar mengatakan kegiatan ini sudah lama dinanti-nanti, sebab dahulunya kejayaan pernah terjadi terutama di Simpang tiga Muara Tembesi.

"Kejayaan itu tentunya melalui transportasi Sungai Batanghari. Pintu masuknya ada di Tanjung Jabung Timur hingga hulu ke Provinsi Sumatra Barat. Jadi daerah kita berada di pertigaan Sungai Batanghari," ucapnya.

Dengan kondisi itu tentu sudah banyak hal yang sudah diinisiasi Pemerintah Daerah untuk mengenang sejarah bahwa di sini sudah terjadi perdagangan rempah melalui Sungai Batanghari.

"Wajar saja di lokasi ini banyak warga keturunan Tionghoa yang bermukim di sini. Setelah itu barulah masuk kapal-kapal VOC, setelah VOC berkembang dengan baik, maka kolonial belanda membuat pusat pemerintahan yang ada di Simpang 3 Muara Tembesi," katanya.

Kolonial Belanda pun kata Bakhtiar sudah membuat pusat pemerintahan dengan membangun 26 gedung pemerintahan bahkan ada sumur tua dari peninggalan Belanda.

"Pada masa sekarang kita mengenalnya dengan sebutan Benteng Muara Tembesi. Maka dari itu keinginan Pemda mengembalikan kejayaan Pasar Muara Tembesi ini menjadi pusat perdagangan atau pun jalur rempah di Jambi,"sebut Wabup Bakhtiar

Sungai Batanghari dengan panjang 800 kilometer, lebih kurang 176 kilometer berada di Wilayah Batanghari. Dengan begitu ada banyak Objek Diduga Cagar Budaya yang patut dilestarikan keberadaanya.