Pemkab Batanghari Jalin Kerjasama dengan UNAND Sumbar

Bupati Batanghari dan Rektor Unand beserta jajaran, Poto/FB Pemkab Batanghari 

SUMATERA BARAT, BulianId - Bupati BatangHari Muhammad Fadhil Arief (MFA) jalin kerjasama dengan Universitas Andalas (Unand) Padang Sumatera Barat dalam rangka peningkatan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM), kualitas Pendidikan dan Pelayanan Kesehatan masyarakat Kabupaten Batanghari.

Penandatangan kerjasama dilaksanakan di Gedung Autorium Universitas Andalas pada hari Jum'at (15/07/2022) oleh Prof. Yuliandri, SH, MH, selaku Rektor Universitas Andalas dan Bupati Batanghari MFA. Gayung bersambut niat Bupati Batanghari, disambut baik oleh Rektor dan jajaran kepemimpinan di Universitas dengan jumlah mahasiswa melebihi 30.000 orang ini.

Dalam sambutannya Rektor Unand  mengatakan, Unand siap berkontribusi untuk peningkatan kualitas SDM dan pelayanan kepada masyarakat khususnya bidang kesehatan dan pendidikan.

"Dengan sumber daya yang ada pada kami, 30.000 lebih mahasiwa dan puluhan fakultas dengan berbagai bidang study dan keilmuan. Potensi yang ada ini di harapkan mampu memberikan kontribusi kepada Batanghari, selain itu kerjasama ini juga membuka peluang untuk para generasi muda yang ingin melanjutkan pendidikan di Unand, melalui program tes mandiri jalur khusus kerjasama daerah, dengan ketentuan tetap harus memenuhi standar tes akademis yang di tetapkan oleh pihak Unand," sebut Rektor Unand.

Sementara itu Bupati Batanghari MFA pada sambutannya mengatakan, melihat potensi berbeda yang ada di Unand, diharapkan mampu berkontribusi untuk mewujudkan visi misi dari 36 program yang telah dicanangkannya.

"Unand sejak jaman dulu sudah di kenal sebagai Universitas yang berintegritas tinggi, dan menjadi pilihan terfavorit seluruh anak muda di Indonesia, melihat hal ini kita ingin generasi muda Batanghari berkesempatan menimba ilmu di sini melalui program kerjasama daerah yang nantinya akan kita support melalui program bea siswa untuk anak kurang mampu dan beasiswa berprestasi, seperti kita ketahui ada anak yang punya minat belajar tinggi tapi kurang mendukung secara ekonomi dan ada anak-anak kita yang memiliki prestasi baik juga harus kita dukung, tapi sesuai kata Rektor harus mengikuti ketentuan yang ada, tetap melalui jalur tes akademik dan demi kualitas terbaik wajib kita memenuhi standar tes yang telah di tetapkan pihak Unand," kata Bupati MFA

Ia juga melihat potensi lainnya di Unand, terutama untuk calon dokter Spesialis yang saat ini sedang mengambil keilmuan spesialis. Apabila tidak terikat dengan beasiswa kedinasan daerah lain, akan menjadi target untuk di tawarkan berdinas di RSUD Madjid Batoe Muara Bulian Batanghari.

"Tentang salarynya (gaji,upah) yang mereka terima akan kita komunikasikan, sehingga kita harapkan kedepannya RSUD kita lebih kuat dengan memiliki semua dokter spesialis untuk semua penyakit, hingga masyarakat kita tidak perlu lagi berobat ke daerah lain," tuturnya.

Selain pelayanan kesehatan, untuk bidang Pendidikan juga dilakukan kerjasama dalam peningkatan kompetensi guru, terutama guru bersertifikasi.

"Sehingga ke depan bisa dilihat perbedaan antara guru sertifikasi dan tidak bersertifikasi," ujarnya.

Sebelum bekerjasama dengan Unand, bulan lalu Pemkab Batanghari juga melaksanakan kerjasama dengan Universitas Terbuka, dan ke depan dengan beberapa Universitas lainnya.

"Hal ini di harapkan dapat memberikan kontribusi positif untuk peningkatan kompetensi Sumber Daya Manusia dan peningkatan pelayanan kepada masyarakat untuk mewujudkan 'Batanghari Tangguh' di masa depan," pungkasnya.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh wakil Rektor, Sekretaris Rektor dan Dekan Fakultas serta jajaran pimpinan yang ada di Universitas Andalas. Untuk Bupati Batanghari diikuti oleh Kadis PDK, Kadis Kesehatan, Kadis Kominfo, Kabag Kerjasama dan perwakilan dari Dinas Lingkungan Hidup.(ONE).