Bupati Batanghari : Hewan Kurban Harus Sehat Semua

Bupati Batanghari Muhammad Fadhil Arief menunaikan sholat sunat dua rakaat di Masjid Baiturrahmah Perumnas Muara Bulian/Poto NZA

BATANGHARI, BulianId - Bupati Batanghari Muhammad Fadhil Arief (MFA) melaksanakan Sholat Idul Adha 1443 Hijriah di Masjid Baiturrahmah Perumnas, Kelurahan Muara Bulian, Kecamatan Muara Bulian, Kabupaten Batanghari, Minggu (10/07/2022).

Bupati MFA mengatakan, sesama umat manusia yang diberikan rejeki lebih oleh Allah.SWT agar dapat berbagi dengan yang lain. 

"Bagaimana mengurbankan sebagian hartanya, momentum ini kita harapkan meningkatkan rasa simpati, empati di Kabupaten Batanghari yang kita cintai ini," kata Bupati MFA.

Terkait perbedaan pelaksanaan jadwal Sholat Idul Adha di Indonesia Bupati MFA menyebutkan, Indonesia menjamin keyakinan masing-masing dan dijamin hak kebebasannya kebetulan pemerintah menetapkan pada tanggal 10 pelaksanaan Sholat Idul Adha.

"Indonesia menjamin yang punya keyakinan dijamin hak kebebasannya, kalau ada yang tanggal 9 silahkan di Batanghari juga tidak masalah kemarin meminjam lapangan Kantor Bupati kawan-kawan yang meyakini jatuhnya Idul Adha di tanggal 9 Juli," ujarnya.

Terkait hewan kurban di Kabupaten Batanghari, orang nomor satu di Batanghari menerangkan telah menugaskan Satgas untuk melakukan pemeriksaan terhadap hewan yang akan di sembelih.

"Dipastikan harus sehat semua, kecuali mungkin ada yang tidak berkoordinasi. Tapi kita sudah minta semua jajaran Pemerintah Kabupaten untuk melakukan pengecekan, jangan sampai nanti ada kondisi hewan kurban yang tidak sehat di Batanghari ada tujuh kecamatan yang terjangkit PMK jumlahnya sudah 209 ekor," bebernya.

Fadhil berpesan bahwa Idul Adha tahun ini tetap ikhlas apapun yang diberikan oleh Allah.SWT, dan ia yakin dengan niat baik dan ikhtiar yang sungguh-sungguh Allah akan memberikan rejeki lebih baik dikemudian hari.

"Masyarakat Batanghari agak (sedikit) terganggu dengan menurunnya TBS sawit ini," pungkasnya.

Usai melaksanakan Sholat, Bupati bersama jajarannya menyerahkan 1 ekor sapi untuk kurban kepada panitia Masjid Baiturrahmah Perumnas.

Sebanyak 24 orang Pejabat lingkup Pemkab Batanghari yakni, Sekretaris Daerah, Asisten III, Staff Ahli Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan, Sekretariat DPRD, Inspektorat, Bappeda, Dinas PMD, Disporapar, Disperkim, Dinas PDK, Dinas Kesehatan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Satpol-PP, Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan, Dinas Perkebunan dan Peternakan, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, Dinas PUPR, Kabag Protokol, Kabag Kesra, Kabag Umum, Kabag Hukum, Kabag Perencanaan Keuangan dan Kabag LPBJ Setda Batanghari dampingi Bupati MFA melaksanakan Sholat Idul Adha.(NZA).