Narkoba, Judi Dalam Giat Jumat Berkah Pemkab Batanghari

Wabup Batanghari Bakhtiar dengarkan usulan masyarakat giat Jumat Berkah

BATANGHARI, BulianId - Giat Jumat Berkah Pemerintah Kabupaten Batanghari, masyarakat sampaikan usulan permasalahan kepada Wakil Bupati (Wabup) Batanghari Bakhtiar.

Giat tersebut dihadiri oleh perwakilan masyarakat dari beberapa desa dan tokoh agama. Giat Jumat berkah tetap dilaksanakan di Serambi Rumah Dinas Bupati Batanghari, Jum'at (03/06/2022).

Beberapa permasalahan yang disampaikan kepada Wakil Bupati yakni terkait, Peran Pemerintah terhadap melayani masyarakat dalam hal layanan Alsintan pertanian, jalan-jakan produksi, Beasiswa pendidikan, penambahan quota pupuk Subsidi, bantuan bibit ternak, pendistribusian Zakat, perjudian pada acara pesta malam serta pengendalian terhadap pengguna dan pengedar Narkoba.

Saat diwawancarai usai giat Jumat berkah, didampingi Asisten I Setda Batanghari M. Rifai, Wabup Bakhtiar mengatakan bahwa masukan-masukan dari para Da'i dan Kepala Desa tentang bagaimana membangun pemerintahan.

"Diharapkan kontribusi masyarakat sejalan dengan pemerintah, baik dalam hal pendidikan, membangun ekonomi masyarakat terutama sekali di bidang Pertanian itu kita sinergikan. Bagaimana peran masyarakat itu kita ajak bersama agar tergugah hatinya, untuk membangun daerahnya," ucap orang nomor dua di Kabupaten Batanghari.

Dikatakan Bakhtiar, terhadap penyakit masyarakat itu harus disinergikan dari aparat jajaran pemerintahan, pihak kepolisian, tokoh masyarakat, para ulama dan lembaga adat untuk penanganannya.

"Ketika itu bersentuhan dengan agama maka para da'i dan tokoh adat ini kita libatkan dan kita berbagi tugas bersama untuk menangani itu semua," imbuhnya.

Dari apa yang disampaikan para da'i terkait ilmu Tahfiz Qur'an, yang mana di Batanghari banyak para Tahfiz namun sedikit yang menguasai ilmu fiqih. Terkait hal itu Pemkab Batanghari melalui Wabup Bakhtiar menyebutkan, dibutuhkan peran para da'i dalam mengimplementasikannya.

"Alhamdulillah sudah banyak Tahfiz Hafiz dan Hafizah kita, cuma bagaimana cara kita mengamalkannya. Bagaimana cara mengamalkannya tentunya dengan peran para da'i yang menguasai ilmu fiqih tadi," ungkapnya.(ONE).