Kades di Batanghari Terima Pembekalan dari Inspektorat

BATANGHARI, BulianId - Plt. Inspektur Kabupaten Batanghari Akmaludin jadi narasumber terhadap kegiatan pembekalan awal masa jabatan bagi Kepala Desa terpilih dalam kabupaten Batanghari Tahun Anggaran 2022, kegiatan tersebut dilaksanakan di Balai Pendidikan Luar Sekolah (BPLS) Jalan KONI, Kecamatan Muara Bulian, Senin (28/03/2022).


"Hari ini Kita sudah melaksanakan pelatihan pembekalan kepada Kepala Desa terpilih pada tahun 2021 lalu, kurang lebih berjumlah sebanyak 59 orang. Tadi juga ada narasumber dari badan keuangan Inspektorat dan Dinas PMD," kata Inspektur Batanghari Akmaludin kepada mattanews.co.

Dijelaskan Akmaludin, pelatihan awal sebagai Kepala Desa terpilih ini penting, tujuannya agar Kepala Desa terpilih dapat mengetahui secara umum tentang tata pengelolaan Keuangan Desa dan Pemerintahan Desa secara umum.

"Kita dari Inspektorat menyampaikan dengan tolak ukur hasil evaluasi kawan-kawan inspektorat terhadap pemeriksaan pemerintahan desa selama ini. Untuk jadi bahan evaluasi Kepala Desa biar tahu selama ini apa saja yang salah, menjadi motivasi ataupun filter kepala desa terpilih sehingga kemudian hari tidak terjadi lagi kesalahan," tutur Inspektur.

Disampaikan Akmaludin, Pelatihan ini merupakan salah satu peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) karena menurut Akmal, sekali pelatihan saja tentu tidak cukup, harus diulang-ulang dan dirutinkan. 

"Jadi harus sering melakukan pelatihan secara tatap muka, baca buku maupun konsultasi. Karena tidak bisa langsung pintar melaksanakan satu kali pelatihan saja, berharap 50% saja sudah sangat baik menangkap ilmu yang diberikan oleh narasumber," tegasnya 

Diketahui dari sebanyak 59 orang Kepala Desa yang mengikuti kegiatan tersebut, sebanyak 6 orang tidak menandatangani absensi kehadiran. (ONE)