H Bakhtiar Hadiri Pembukaan MTQ di Desa Mersam

Wabup Bakhtiar menghadiri pembukaan MTQ di Kecamatan Mersam/Foto:Ist

BATANGHARI, BulianId – Wakil Bupati Batanghari H Bakhtiar, menghadiri Pembukaan Musabaqoh tilawatil Qur’an (MTQ) ke-51, tingkat Kecamatan tahun 2022 , di Desa Mersam, Kecamatan Mersam, Kabupaten Batang Hari, Jambi. Kamis, (24/02/2022).

MTQ tingkat ke-51 Kecamatan Mersam tersebut dikabarkan akan dilaksanakan selama tiga hari yakni, sejak tanggal 24 sampai 26 Februari.

Selain dihadiri Wabup Batang Hari, juga turut hadir di acara tersebut, Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) Hasbi Anshory SE,.MM, Anggota DPRD Dapil 4 Mersam-MSU, Camat Mersam, Kadepag Kabupaten Batang Hari, Kapolsek Mersam, Koramil Mersam, Forum Pimpinan Kecamatan (Forkopincam), 17 Kepala Desa dan Satu Kelurahan beserta Ketua BPD dalam Kecamatan Mersam, Tokoh Adat, Tokoh Agama, Para Dai serta para peserta LPTQ dan tamu undangan lainnya.

Bakhtiar dalam sambutannya mengatakan, dengan adanya kegiatan MTQ tingkat Kecamatan, maka masing-masing kafilah bisa menampilkan peserta perwakilan tilawahnya sesuai bidangnya masing-masing untuk menujuh MTQ tingkat Kabupaten.

“Seperti yang disampaikan oleh Kades dan Camat bahwasanya, dikecamatan Mersam sudah selama Dua tahun tidak pernah lagi melaksanakan MTQ karena disebabkan adanya Wabah virus corona dan hingga tahun ini baru bisa terlaksana lagi,” ujarnya, Kamis, (24/02/2022).

Ia berpesan kepada Dewan majelis hakim dan dewan juri, agar selama kompetisi berlangsung dewan juri bisa secara bijak dan telaten dalam memberikan nilai kepada peserta.

”Pastinya selaku juri harus kompetitif dalam menilai, jangan sampai ada peserta yang umurnya sudah melebihi batas,” katanya.

Ia mengatakan pada tahun 2018 Kabupaten Batanghari dalam pelaksanakaan MTQ tingkat Provinsi mendapat peringkat III, tetapi di tahun 2021, saat itu MTQ dituan rumahi oleh Tanjabtim, Batanghari mengalami penurunan peringkat menjadi peringkat ke- 5.

Dirinya berharap itu menjadi cambuk untuk kedepannya Kabupaten Batanghari bisa lebih baik dan meningkat lagi prestasinya dalam cabang MTQ baik tingkat Provinsi maupun tingkat Nasional.

”Kami berharap dengan adanya MTQ tingkat Kecamatan ini, maka akan mendapatkan bibit yang baru buat Kabupaten Batang Hari menujuh MTQ Provinsi yang akan datang selanjutnya,” harapnya.

Selanjutnya tuan rumah H Ashuro sebagai Kepala Desa Mersam dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasi kepada seluruh panitia dan kepada semua masyarakat Desa Mersam yang sudah mengsukseskan acara MTQ ke-51.

“Saya sangat berterimakasi kepada seluruh panitia terkait baik itu seluruh pemerintah desa, pemuda yang tergabung dalam pengurus karang taruna dan pastinya seluruh masyarakat mersam, karena berkat kerja samanya, sehingga acara MTQ saat ini bisa terlaksana dengan baik seperti apa yang di harapkan,” katanya. (*/red)