Ngobrol di Moment Sakral, Tenaga PPPK Batanghari Nyaris Batal Dilantik

Bupati Batanghari saat hendak melantik 846 tenaga PPPK Pemkab Batanghari/foto:ANI
BATANGHARI,BulianIdSaat pegawai protokol menyebutkan nama-nama Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Batanghari saat hendak pelantikan, Bupati Batanghari, Muhammad Fadhil Arief menginterupsi moment tersebut. Bahkan ia meminta ke pejabat BKPSDM agar pelantikan para PPPK tersebut dibatalkan / ditunda, Senin (25/04/2024).

Ternyata, ada alasan tersendiri saat orang nomor satu di Bumi Serentak Bak Regam itu meminta pelantikan dibatalkan saja. Sebab, beberapa oknum tenaga PPPK tersebut asyik mengobrol saat hendak melakukan pengambilan sumpah / janji jabatan. 

Bahkan sebelumnya, tepantau oleh awak media, terlihat Sekda, Kasat Pol PP dan pegawai OPD Batanghari bekeliling memantau area tempat para PPPK tersebut berbaris guna menertibkan 846 orang tersebut. 

“Tolong dihentikan dulu, ini kalau memang tidak siap, jangan dilantik dulu. Yang siap saja, yang tidak siap jangan dilantik. Yang mau jadi ASN ni yang siap saja, yang tidak siap jangan jadi ASN,” ujar Fadhil saat itu. 

Sementara, saat hendak mengambil sumpah / janji jabatan, Fadhil kembali memastikan kepada beberapa oknum PPPK tersebut apakah mereka siapa menjadi ASN Pemkab Batanghari. 

“Coba dijawab, memang siap jadi ASN dia?. Yang enam baris ni (posisi di hadapan  Fadhil,red). Siap dak jadi ASN?, sebelum kita mulai pelantikan ini. Yang ngobrol-ngobrol terus gawe dari tadi,” kata dia. 

Sontak saja, pertanyaan yang diajukan oleh Fadhil tersebut tak berani di jawab langsung oleh oknum-oknum PPPK tersebut. Tentunya itu mengundang riuh para eselon II yang hadir di tempat tersebut. Mereka pun meminta agar para tenaga PPPK tersebut menjawab pertanyaan orang nomor satu tersebut.  

“Kalau dak ado jawabannya, sudah ditunda bae. Adik-adik semua itu lewat proses, lewat niat, kalau lah ngobrol setelah acara ini, mau sampe muntah pun biso. Ngapo nak pas acara ni nian,” tegas Fadhil 

Sekali lagi, Bupati Batanghari bertanya kepada beberapa oknum tersebut, apakah mereka siap dilantik sebagai ASN Pemkab Batanghari. Serentak mereka pun menjawab kesiapannya untuk dilantik. 

“Nanti dievaluasi dan diawasi jangan sampai ada yang jelek mengganggu yang baik. Jangan sampai yang 5 persen ini mengganggu 95 persen yang lainnya,” pungkasnya.

Untuk diketahui, sebanyak 846 tenaga PPPK diambil sumpah/janji jabatan dan dilantik oleh Bupati Batanghari sebagai ASN Pemkab Batanghari. Jumlah tersebut meliputi formasi, 319 tenaga guru, 477 tenaga kesehatan dan 50 orang tenaga teknis lainnya. (ANI)