Duit Rekanan Belum Cair, Tunda Bayar atau Gagal Bayar?

Kantor Bakeuda Kabupaten Batanghari/foto:ANI
BATANGHARI,BulianIdSejumlah proyek tahun 2023 mayoritas sudah rampung dikerjakan oleh rekanan. Namun hingga saat ini, beberapa proyek/pekerjaan tersebut belum dibayarkan oleh Pemkab Batanghari.

Dari informasi yang dihimpun Bulian.Id dari beberapa rekanan, saat ini Pemkab Batanghari belum melunasi sisa uang pekerjaan yang sudah mereka selesaikan. 

“Pencairan terakhir yang belum, sampai saat ini belum masuk ke rekening, entah apo kendalanyo,” ungkap salah satu kontraktor yang enggan disebutkan namanya, Rabu (03/01/2024). 

Rekanan pun meminta agar pemda berkomitmen untuk membayarkan proyek-proyek yang sudah mereka kerjakan. Sebab mereka sudah menyelesaikan pekerjaan tersebut sesuai dengan batas kalender kontrak pekerjaan.

“Dulu diawal menjabat, bupati nyebut tidak ada yang namanya tunda bayar, yang ada hanya gagal bayar. Mudah-mudahan duit proyek ini segera dibayar dalam waktu dekat ini,” sebutnya.

Di lain tempat, menurut keterangan salah satu pejabat OPD Batanghari kepada Bulian.Id, SPM terkait administrasi pembayaran proyek terhadap rekanan sudah mereka serahkan ke pihak Bakeuda Batanghari. Namun memang, sampai saat ini belum ada pemberitahuan kapan uang tersebut akan ditransferkan.

“SPM sudah kami serahkan ke bakeuda, tinggal menunggu kabar kapan cairnya. Rekanan juga sudah bertanya-tanya ke kami,” singkatnya.

Sementara itu, hingga berita ini diturunkan, Kepala Bakeuda Kabupaten Batanghari, Tesar Arlin belum bisa dikonfirmasi oleh Bulian.Id. (ANI)