Fadhil Minta Dinas PPKBP3A Mendata Bayi Secara Konkrit

Bupati Batanghari, Muhammad Fadhil Arief/foto:ist

BATANGHARI,
BulianId  – Berdasarkan data Survei Status Gizi Indonesia (SGGI) pada tahun 2022. Angka kasus stunting di Kabupaten Batanghari naik dari tahun 2021 yang semula 24,5 persen menjadi 26,3 persen.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Batanghari Muhammad Fadhil Arief mengatakan bahwa data yang disampaikan tersebut diambil secara acak dan tidak menunjukkan kondisi stunting di Kabupaten Batanghari.

“Random sampling harus benar,” ujarnya Kamis (12/10/2023).

Fadhil meminta Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) melakukan pendataan secara menyeluruh by name by address.

“Saya minta Pak Kadis data, harus by name by address,” sebutnya.

Hal tersebut untuk memastikan jumlah pasti terhadap bayi stunting di Kabupaten Batanghari. Ia mengatakan selain memberikan bantuan bahan pangan kepada keluarga penerima.

Saat ini Pemerintah Kabupaten ditahun 2023 ini berhasil meraih Universal Health Coverage (UHC) kepesertaan JKN KIS sebesar 96,66 persen dari jumlah penduduk Kabupaten Batanghari.

“Jaminan kesehatan bagi masyarakat di Kabupaten Batanghari sudah diangka hampir 97 persen. Kita tentu ingin stunting di Kabupaten Batanghari ini hilang, karena anak-anak ini nantinya yang akan meneruskan kita,” kata Fadhil.

Selain itu, Fadhil mengatakan untuk memastikan bahwa bayi stunting di Kabupaten Batanghari terpengaruh kebutuhan gizinya. PKK Kabupaten Batanghari juga melaksanakan program ayah ibu asuh. (*)