Sejak 2021, Dinkes Batanghari Terus Abaikan Permintaan Fadhil

Bupati Batanghari Muhammad Fadhil Arief/foto:ist
BATANGHARI,BulianIdDalam membuka Bimtek Penyusunan LPPD, Bupati Banghari Muhammad Fadhil Arief tidak hanya mengingatkan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Dirinya juga menyinggung Dinas Kesehatan yang sampai saat ini masih abai dengan instruksi yang sudah ia berikan, Selasa (26/09/2023).

Dalam sambutanya, Fadhil mengatakan, sejak awal ia menjabat sebagai Bupati Batanghari, dirinya paling sering menyuarakan prihal penanganan penyakit TBC. Sebab, dengan pola hidup masyarakat Batanghari saat itu, ia meyakini angka TBC di Batanghari sangat tinggi.

“Tapi kawan-kawan di Dinkes sampai saat ini apa yang kita sebut tidak pernah dilakukan, kito minta cek dahak secara masal. Karena salah satu ilmu yang saya dapat dari dokter spesialis penyakit dalam, bahwa ternak yang bekeliaran salah satu sumber TBC terbesar. Nah, ternak banyak bekeliaran saat itu,” ujar Fadhil. 

Namun, kata Fadhil, hingga saat ini Kadinkes beserta jajarannya masih belum melakukan hal yang ia perintahkan. Sehingga, jika ada masyarakat yang terkena penyakit batuk, mereka bingung karena tidak ada obat yang cocok.

“Jika penanganannya dilakukan secara baik, maka dalam 6 bulan akan tuntas. Kalau dilakukan sejak tahun 2021, maka di tahun 2023 lepas masalah TBC di Batanghari ini,” sambungnya.

Lanjutnya, akan tetapi Dinkes Batanghari tidak sadar bahwa dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat, hal itu perlu dilakukan.  

“Sebab, tidak ada orang yang ekonominya membaik jika kesehatannya tidak baik,” pungkasnya. (ANI)