Pemkab Batanghari Salurkan Beras dan Telur Guna Cegah Stunting Terhadap Baduta

Pemkab BAtanghari salurkan bantuan pangan/foto:ist

BATANGHARI,BulianId Baduta adalah istilah untuk anak dari usia 0-2 tahun. Baduta adalah salah satu golongan kelompok anak balita.

Baduta adalah sekelompok anak berdasarkan rentang usia tertentu. Menurut World Health Organization (WHO), balita adalah usia anak usia 0-60 bulan

Sementara saat pemerintah lagi gencar-gencar menurunkan angka stunting, yang mana dilakukan pencegahan dini dari Baduta.

Terkait pencegahan stunting terhadap Baduta Pemerintah Kabupaten Batanghari bekerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jambi menyalurkan ribuan kilogram beras dan telur dalam rangka penurunan stunting.

Kgiatan tersebut merupakan program Penanganan stunting berupa penyaluran bahan pangan untuk Baduta melalui ketua TPPS kecamatan dan Kelurahan Se-Kabupaten Batanghari.

Penyerahan sembako tersebut secara simbolis langsung di serahkan oleh Asisten III Setda Batanghari Asri Yonalsyah yang berpusat di Halaman Kantor Bupati.

Asisten III Asri Yonalsyah melalui Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Kabupaten Batanghari dr Retno mengatakan bahwa bantuan tersebut merupakan bantuan dari Dinas Tanaman Pangan Provinsi Jambi, Rabu (12/07/2023).

” Ini ada turun bantuan dari Provinsi untuk menanggulangi masalah stunting dan kebetulan untuk Kabupaten Batanghari, dwn kita MoU dengan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Batanghari,” Ujarnya.

Menurut Kabid Kesehatan Masyarakat, data anak di bawah umur dua tahun atau Baduta yang termasuk stunting di Dinas Kesehatan Kabupaten Batanghari ada sebanyak 559 anak.

” Data kami sebenarnya anak dibawah 2 tahun itu ada 559 anak, tapi karena keterbatasan dana dari Dinas Ketahanan provinsi Jambi, jadi yang diturunkan untuk Kabupaten Batanghari hanya untuk 418 anak,” Kata dr Retno.

Sementara dikatakan Retno, untuk penerimaan bantuan untuk Baduta ini tidak merata di setiap Kecamatan, Desa dan Kelurahan, karena dipilih oleh Provinsi bukan dari Pemerintah Kabupaten Batanghari yang menentukan.

Dengan adanya bantuan ini Dirinya (dr Retno,red) berharap semoga dapat mengatasi anak yang terkena stunting terutama anak yang di bawah umur 2 tahun.

” Kita berharap bantuan untuk Baduta atau anak yang terdampak stunting,;dapat membantu mengatasi yang stunting tadi, agar tidak masuk lagi kategori dalam kategori stunting, dan semoga dapat menyeimbangkan kestabilan antara tinggi, berat tubuh dan umur anak,” jelasnya.

Sementara bantuan yang disalurkan untuk Kabupaten Batanghari yakni Beras sebanyak 4.180kg dan Telur sebanyak 20.064 butir yang akan diserahkan ke 8 Kecamatan yang ada di Bumi Serentak Bak Regam diantaranya Kecamatan Muara Tembesi 54 paket, Mersam 30 paket, MsI 12 paket, Batin XXIV 83 paket, Muara Bulian 77 paket, Bajubang 90 paket, MSU 47 paket, Pemayung 25 paket.