Bupati Batanghari Kembali Serahkan PTSL ke Masyarakat

Buati Batanghari menyerahkan sertifikat PTSL kepada masyarakat/foto:ist

BATANGHARI,
BulianId PTSL adalah salah satu program pemerintah yang memudahkan masyarakat untuk mendapatkan sertifikat tanah secara gratis.

Sertifikat cukup penting bagi para pemilik tanah, tujuan PTSL adalah untuk menghindari sengketa serta perselisihan di kemudian hari Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL)

Di Kabupaten Batanghari sendiri, Bupati BatanghariMuhammad Fadhil Arief gencar-gencar melakukan program PTSL ini agar semua masyarakat memiliki sertifikat.

Kemarin, Fadhil Arief menyerahkan sertifikat tanah di desa Kilangan kecamatan Muara Bulian, Kabupaten Batanghari dengan jumlah 779 sertifikat yang tersebar di desa Kilangan 454 sertifikat dan desa Singgkawang 325 sertifikat.

" Kami masyarakat Desa Kilangan mengucapkan terimakasih kepada bupati batanghari melalui visi dan misi batanghari Tangguh  dengan PTSL ini," ucap Kades.

Sementara Fadhil Arief mengatakan, dirinya mendukung penuh program percepata PTSL, sehingga penting untuk segera mendaftarkan kepemilikan tanah kepada ATR BPN.

"Hal ini dapat membantu masyarakat agar tanah yang dimiliki terdaftar dan memiliki status hukum yang jelas," ujarnya.

Program PTSL ini dapat mewujudkan pembangunan yang merata dan memudahkan dalam penataan kabupaten dan kota. 

Ia memastikan, penerima sertifikat ini tepat sasaran, yakni para petani dan warga untuk memulai peningkatan kualitas hidup. 

Program PTSL yang populer dengan istilah sertifikasi tanah ini merupakan wujud pelaksanaan kewajiban pemerintah untuk menjamin kepastian dan perlindungan hukum atas kepemilikan tanah masyarakat.

Maka dari itu, masyarakat yang telah mendapatkan sertifikat dapat menjadikan sebagai modal usaha sehingga terjadi peningkatan kesejahteraan. 

Dengan demikian,  Fadhil Arief berharap sinergitas program PTSL ini akan lebih cepat dalam mengakselerasi target luas tanah 
untuk disertifikasi di 
Kabupaten Batanghari.

"Saya berharap pada tahun 2023 ini program PTSL di Kabupaten Batanghari dapat terselesaikan sesuai apa yang kita harapkan," pintanya.