Limbah B3 Puskesmas di Batanghari Misterius

Ilustrasi limbah medis/foto:ist
BATANGHARI,BulianId - Limbah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun) Puskesmas di Batanghari misterius. Padahal, limbah B3 tersebut harus ditanangani secara khusus.

Menurut PP 22 Tahun 2021 pengelolaan limbah B3 meliputi kegiatan penetapan, pengurangan, penyimpanan, pengumpulan, pengangkutan dan pengolahan limbah B3.

 

Berdasarkan karakteristiknya Limbah Medis B3 Puskesmas merupakan limbah Infeksius. Berdasarkan sumbernya Limbah Medis B3 Puskesmas yaitu Sumber spesifik umum diantaranya limbah infeksius, produk farmasi kadaluarsa, bahan kimia kadaluarsa, peralatan laboratorium terkontaminasi B3 dan peralatan medis mengandung logam berat seperti merkuri, cadmium dan sejenisnya.

 

Informasi yang dirangkum media ini di lapangan, di Batanghari ada 17 Puskesmas dan ratusan Pustu dan Poskesdes dan klinik kesehatan yang kesemuanya itu mengghasilkan limbah B3. Dari data jumlah lembaga kesehatan tersebut tidak tau seperti apa limbah beracun itu diolah atau dimusnahkan.

 

Beredar kabar, untuk limbah B3 di lingkup Dinas Kesehatan Batanghari serahkan kepada pihak ketiga dari Jakarta yang diangkut dua sampai tiga bulan sekali. Namun, tidak tau dimana tempat penampungan limbah tersebut disimpan untuk dimusnahkan.  


Hanya saja, terkait persoalan ini, Plt Kepala Dinas Kesehatan Asri Yonalsyah belum berhasil dikonfirmasi, Selasa (23/05/2023), begitu juga dikonfirmasi via Whatsapp belum dibalas. (ANI)