Pemkab Batanghari Raih Nilai Tertinggi Se-Provinsi Jambi Dalam Nilai SPM

BATANGHARI,BulianId  - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batang Hari, Jambi raih nilai Standar Pelayanan Minimal (SPM) tertinggi se- Provinsi Jambi. Sebelumya, Pemkab Batang Hari telah meraih nilai indeks SPBE tertinggi diantara Kabupaten / Kota Provinsi Jambi.


Jargon dari kata TANGGUH di kepimpinan Fadhil-Bakhtiar memang pantas disematkan. Dengan memperoleh predikat Tuntas Pertama dengan nilai rata-rata 70,53, Pemkab Batang Hari berhak mendapat gelar tersebut.


Seperti diketahui, SPM merupakan ketentuan mengenai Jenis Pelayanan Dasar dan Mutu Pelayanan Dasar yang berhak diperoleh setiap Warga Negara, secara minimal untuk memberikan pelayanan publik secara maksimal kepada masyarakat yang berorientasi terhadap terwujudnya pelayanan publik yang prima.


SPM merupakan salah satu kebijakan prioritas nasional yang akan menjadi tolak ukur untuk digunakan dalam penyelenggaraan pelayanan dan acuan dalam penilaian kualitas pelayanan, sekaligus sebagai kontrol terhadap kinerja Pemerintah Daerah (Pemda) dalam melayani masyarakat.


Untuk itu, Pemda diharapkan mampu menyelenggarakan urusan wajib secara lebih sesuai dengan yang ditetapkan dalam SPM masing-masing sesuai petunjuk Kementerian/Lembaga, terkait dan dapat memprioritaskan pendanaan pelaksanaan daerah dalam belanja daerah.


Juga wajib melaporkan penerapan SPM, karena hasil penerapan SPM akan digunakan untuk merumuskan kebijakan nasional dan sebagai pertimbangan pemberian insentif dan disinsentif dengan mempertimbangkan Keuangan Negara.
Bupati Batang Hari, Muhammad Fadhil Arief, SE saat dikonfirmasi menjelaskan bahwa total nilai dari penjumlahan rata-rata beberapa indikator, diantaranya Pendidikan, Kesehatan, Pekerjaan Umum serta Perumahan Rakyat trantibum linmas dan bidang sosial.


” Peraihan predikat Tuntas Pratama ini, adalah sebuah kewajiban yang harus dilakukan Pemda, karna sejatinya kita semua adalah pelayanan masyarakat,” kata Bupati Fadhil saat dikonfirmasi.


Hal ini, masih disebut Bupati Fadhil, selalu di tekankan kepada setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) ruang lingkup Kabupaten Batang Hari.
” Ini selalu saya tekankan ke setiap OPD, agar untuk menjadi pelayan terbaik bagi masyarakat,” ungkapnya. (ANI)