Pemilu 2024 di Batanghari, PPP Targetkan 12 Kursi, PAN Cuma 7 Kursi

Daftar dan nomor urut parpol peserta pemilu 2024/ foto:ist
BATANGHARI BulianId - Paska ditetapkannya nomor urut setiap Partai Politik (Parpol) oleh KPU RI, Rabu malam (14/12), Pimpinan Parpol di Kabupaten Batanghari mulai berebut tokoh untuk dijadikan sebagai Calon Anggota Legislatif (Caleg) pada Pemilu Serentak 2024.

Masing-masing Parpol harus mampu mengisi setiap Caleg di Daerah Pemilihan (Dapil) yang ada di dalam Kabupaten Batanghari.

Untuk diketahui, Dapil di Batanghari, terdiri dari empat Dapil, yakni Dapil I terdiri dari Kecamatan Muara Bulian-Marosebo Ulu, Dapil II terdiri dari Kecamatan Pemayung-Bajubang, Dapil III terdiri dari Kecamatan Tembesi-Bathin XXIV dan Dapil IV terdiri dari Kecamatan Mersam-Marosebo Ulu.
Menariknya, masing-masing Parpol memiliki target berbeda dalam berebut kursi.

Partai Persatuan Pembangunan (PPP) misalnya, partai berlambang Ka’bah ini memiliki target yang cukup pantastis. Tak tangung-tanggung, target tersebut sebanyak 12 kursi. 

“Kami yakin dengan kekuatan struktur partai kami, maka target kami 12 kursi,” kata Saidina Umar, Sekretaris DPC PPP Kabupaten Batanghari.

Dalam setiap Dapil, paparnya, partai yang dipimpin Bupati Batanghri Mhd Fahdil Arief ini, menargetkan tiga Caleg terpilih nantinya.

“Untuk mewujudkan ini, kita terus turun bersilaturahmi ke tengah masyarakat sambil menegaskan bahwa PPP ini partai tertua yang merupakan partai umat muslim dengan berlambangkan Ka’bah. Sembari menguatkan basis partai di tengah masyarakat,” jelasnya.

Kapan terakhir rekrutmen Caleg, mantan Ketua PC GP Ansor Batanghari ini mengatakan, saat ini rekrutmen terus berlangsung sesuai rentang waktu yang diberikan penyelenggara.

“Batas akhir sesuai dengan yang ditetapkan oleh penyelenggara. Untuk itu, kita terus berkomunikasi dengan PAC se Kabupaten Batanghari. Kita juga persilahkan bagi masyarakat maupun PAC untuk mengajukan nama-nama calon potensial yang mau berkompetisi pada Pemilu 2024 karena kita punya cara sendiri mentapkan nama-nama Caleg dalam Dapil. Yang terpenting adalah  calon memiliki integritas, cinta terhadap partai dan siap berjuang,” pungkasnya.

Berbeda dengan Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Batanghari yang hanya memiliki target 7 kursi. Menurut ketua DPD PAN Kabupaten Batanghari Muhammad Hafiz Fattah, target 7 kursi menurutnya cukup realistis. Apalagi melihat hasil Pemilu sebelumnya (2019,red) pihaknya hanya mampu meraih 5 kursi di DPRD Kabupaten Batanghari.

“Kita melihatnya realistis saja dalam menentukan target. Lihat data yang dulu, lalu kita sandingkan dengan data Caleg yang akan kita susun ke depan. Kemudian, dipadukan dengan strategi menghadapi Pemilu,” kata Hafiz.

Putra Bungsu Mantan Bupati Batanghari, H Abdul Fattah ini menerangkan, setiap partai memiliki kekuatan dalam pertarungan Pemilu 2024 nanti. Maka, pihaknya tidak mempersoalan jika ada pimpinan Parpol memiliki target tinggi dalam kontestasi Pemilu nanti. 

“Termasuk kita dari PAN, kita memiliki kekuatan sendiri dan memiliki strategi sendiri untuk menang,” pungkasnya.

Sementara itu, DPD Partai NasDem Kabupaten Batanghari menargetkan 8 kursi. Partai yang dipimpin oleh Wakil Bupati Batanghari H Bakhtiar ini juga berkaca pada hasil Pemilu sebelumnya. Pada Pemilu 2014, Partai NasDem memiliki dua kursi di DPRD Kabupaten Batanghari, namun pada Pemilu 2019 berhasil mendapat empat kursi. Maka pada Pemilu 2024 Partai NasDem memiliki target depalan kursi.

“Kita menargetkan dua kali lipat dari jumlah kursi yang ada sekarang ini yaitu depalan kursi,” kata Rahmad, Sekretaris DPD NasDem Batanghari.

Saat ini, jelas Rahmad, pihaknya sudah mengantongi nama-nama tokoh-tokoh potensial yang akan bertarung melalui Partai NasDem. Hanya saja, dia tidak menyebutkan siapa saja tokoh potensial yang dimaksud.
 “Nama-nama Caleg potensial yang berasal dari tokoh masyarakat sudah ada dalam kantong Ketua DPD Partai NasDem Batanghari, H Bakhtiar,” tegas Rahmad.

Ketua DPC Demokrat Kabupaten Batanghari, Junaidi Nazaruddin mengatakan, dalam persiapan kompetisi Pemilu serentak 2024, pihaknya sudah menyusun nama-nama kontestasi setiap Dapil. Bahkan, klaimnya, 80 persen nama-nama Caleg sudah tersusun.
Dalam penyusunan sendiri, kata Junaidi, pengurus DPC menerima nama-nama dari PAC dan juga melalui DPC secara langsung.

“Dari nama-nama yang tersusun, maka kita yakin target lima kursi tercapai,” kata Junaidi.

Pria yang mengaku bakal bertarung untuk Caleg DPRD Provinsi Jambi ini optimis target bisa tercapai karena semua anggota DPRD yang duduk saat ini juga masih ikut bertarung di Dapilnya masing-masing. 

“Kita punya basis, maka kita yakin target tercapai. Apalagi anggota DPRD kita ada saat ini ada tiga orang di Dapil berbeda, “ pungkasnya.

Sedangkan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Batanghari juga punya target tersendiri dalam Pemilu 2014 mendatang. Menurut Sekretaris DPD PKS Widodo, pihaknya menargetkan 8 kursi. Target tersebut, melihat hasil penjaringan bakal Caleg yang dilakukan belakangan ini, dimana banyak tokoh-tokoh potensial yang ingin bergabung dengan PKS.

”Kita melihat kondisi lapangan, komunikasi selama penjaringan disimpulkan banyak tokoh potensial yang menawarkan diri ingin bergabung,” kata Widodo.

Melihat dinamika rekrutmen saat ini, maka kursi pimpinan akan mampu diraih.

”Target kita kursi pimpinan. Untuk mewujudkan itu, dirinya meminta para kader teruslah bergerak karena genderang perang sudah ditabuh,” pungkasnya. (ANI/Red)