Hadiri Apel HGN, Bupati Batanghari : Tugas Guru Profesi Mulia

Bupati Batanghari menyalami para guru yang telah purnatugas, Foto/ONE

BATANGHARI, BulianId - Bupati Batanghari Muhammad Fadhil Arief melaksanakan apel pagi dalam Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) ke 77 tingkat Kabupaten Batanghari yang jatuh pada Jumat (25/11/2022).

Apel peringatan HGN itu dihadiri perwakilan Ketua PGRI Provinsi Jambi, Ketua PGRI Kabupaten Batanghari, dan Kontingen PGRI masing-masing kecamatan dalam Kabupaten Batanghari yang diilaksanakan di Kelurahan Jembatan Mas, Kecamatan Pemayung Kabupaten Batanghari, Jambi.

Bupati Fadhil Arief memberikan apresiasi kepada para guru atas jasa mereka yang telah memberikan pendidikan kepada para pelajar yang menjadi generasi emas di Kabupaten Batanghari.

"Kita sama-sama tahu dan paham tugas sebagai guru adalah profesi yang istimewa dan mulia. Tentunya bukan pekerjaan mudah tapi yakin dan percayalah tugas ini kita jalani dengan hati nurani, dengan keikhlasan kita maka akan membawa perubahan besar baik bagi diri kita, bagi negara kita dan bagi bangsa, daerah dan agama kita,” ujarnya.

Ia berpesan agar terus mendidik anak-anak bangsa ini dengan mengajarkan hal-hal baik, melakukan evaluasi dan selalu berinovasi untuk mencoba menerapkan metode baru di dalam mengajarkan anak-anak bangsa ini.

“Terimakasih kepada semua guru yang ada di Batanghari yang mendidik dan mengajarkan serta membimbing anak-anak di Batanghari supaya menjadi anak yang bermanfaat, anak-tangguh, cerdas dan anak-anak yang beriman sehingga nanti mengantarkan kebaikan kepada kita semua. Mari bersama kita tingalkan legasi bagi generasi penerus kita,” sebutnya.

Sebagai seorang guru ucapnya harus begerak bersama untuk menerapkan merdeka belajar sebab inovasi itu bagian dari adaptasi perubahan. 

Bupati Fadhil berharap guru di Batanghari mampu menciptakan inovasi-inovasi sehingga merdeka belajar ini akan melangsungkan siswa/i yang berkualitas.

“Saya yakin niat baik yang dilantunkan atau ditekadkan oleh para guru di Batanghari ini bisa dengan mudah kita capai apabila kita melakukan sinergisitas bersama semua stekholder di Kabupaten Batanghari,” ucapnya.

Guru-guru di Batanghari pasti akan mampu selagi ada tekad, niat serta kemauanya. Allah akan memberikan kesempatan, barang siapa yang bersungguh-sungguh pasti akan berhasil.

“Memang kita dituntut, bagaimana terus menuntut ilmu sampai ke liang lahat. Kita tahu guru di Batanghari pasti bisa untuk itu, kita akan support supaya kebisaan itu bisa dipercepat,” imbuhnya.

Bupati Fadhil meminta kepada para guru, untuk menerima arahan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan bersama jajarannya supaya dapat merubah pola untuk peningkatan kompetensi.

“Dulu, kita melalui diklat formal, sekarang sudah ada ruang guru yang melalui aplikasi guru bisa belajar pada saat dia mulai mempersiapkan bahan ajar untuk dia masuk ke kelas sudah bisa melihat video bahan ajarnya. Transformasi teknologi ini perlu kita ajak para guru di Batanghari. Guru di Batanghari sudah bisa beradaptasi dengan teknologi, melalui PGRI hal ini akan dipercepat karena kita tahu institusi formal tidak akan bisa begerak sendiri tanpa paguyuban dari para guru yang dinaungi oleh PGRI,” ungkapnya. (ONE).