12 Pejabat di Lantik, Azan Sampaikan Pesan Bupati MFA

Sekretaris Daerah Kabupaten Batanghari membacakan naskah pelantikan, Foto/Ist

BATANGHARI, BulianIdSekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Batanghari Muhammad Azan mewakili Bupati Muhammad Fadhil Arief (MFA) lantik 12 Pejabat dalam lingkungan Pemerintah Kabupaten Batanghari, Selasa (1/11/2022).

Adapun pejabat yang dilantik tersebut yakni 3 Jabatan Tinggi Pratama (JPT), 2 Jabatan Fungsional Tertentu (Auditor Ahli Muda dan Pertama) dan 7 Jabatan Fungsional Tertentu (Guru Ahli Pertama).

Pelantikan dilaksanakan di Ruang Pola Besar Kantor Bupati Batanghari dihadiri oleh Inspektur, Kasat Pol PP Sekdiskoimnfo, Kepala DPMPTSP, Kepala Bakeuda, Staff Ahli, Kepala Bappeda, Asisten III, Kadis PDK, Kepala BKPSDMD serta para pejabat yg dilantik.

Dalam sambutan Bupati MFA yang dibacakan Sekda Batanghari, saya atas nama Pemerintah Kabupaten Batanghari mengucapkan selamat kepada saudara-saudari yang telah dilantik sebagai pejabat pada Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama dan Pejabat Fungsional Tertentu di lingkungan Pemerintah Kabupaten Batanghari.

“Semoga amanah yang telah diberikan ini dapat dijalankan dengan baik dan penuh rasa tanggung jawab, selalu bersinergi dan menjaga kekompakan serta memiliki loyalitas. Jadilah pejabat yang amanah bekerja tidak kenal lelah serta tidak suka berkeluh kesah, jadilah pejabat yang peka terhadap situasi selalu mengakomodir berbagai aspirasi tanggap dan tidak hanya memikirkan diri sendiri,” Sambutan Bupati MFA yang dibacakan oleh Azan.

MFA juga berpesan agar para pejabat yang baru dilantik terus meningkatkan kinerja, maksimalkan pekerjaan sesuai bidang tugas yang telah dipercayakan selalu munculkan ide-ide dan inovasi baru untuk membangun Kabupaten Batanghari yang terdepan agamis nyaman gotong royong bermutu dan harmonis.

“Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan yang dilaksanakan pada hari ini, dimaksudkan untuk melakukan pengisian kekosongan jabatan serta rotasi bagi pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Batanghari, pelantikan seperti ini tentunya menjadi sesuatu hal biasa di dalam birokrasi di mana tujuannya adalah untuk pembinaan dan pengembangan karir serta sebagai upaya untuk melakukan penyegaran terhadap jajaran pejabat struktural yang ada,” tutur Azan.

Dalam sambutan MFA, dirinya berharap dengan adanya pelantikan pada hari ini dapat membawa perubahan paradigma pola piker (mindset) dan perspektif terhadap keberadaan dan pola kerja ASN. Untuk diketahui penentuan personil dalam jabatan PNS dan pengangkatan ASN dalam jabatan didasarkan pada kompetensi, kualifikasi dan persyaratan yang dimiliki oleh ASN yang dibutuhkan oleh jabatan tertentu.

“Setiap ASN dapat mengalami rotasi, promosi, bahkan juga demosi dari jabatan administrator jabatan pengawas dan jabatan fungsional di instansi pusat maupun instansi daerah berdasarkan kualifikasi. Proses yang dilakukan dalam menentukan hal tersebut, sudah dilakukan secara profesional dan proporsional sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan,” tegas Azan

Secara filosofis, pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan hari ini sejatinya diletakkan atas dua tujuan. Pertama untuk meningkatkan kapasitas kelembagaan perangkat daerah dan yang kedua merupakan bagian dari pola pembinaan karir pegawai, kedua tujuan tersebut merupakan satu kesatuan yang saling memperkuat.

“Agar kita dapat meningkatkan kinerja guna mempercepat tercapainya visi, misi serta program unggulan daerah. Kata kuncinya adalah kinerja karena ukurannya adalah kinerja maka pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan ini harus dimaknai dari sudut kepentingan pemerintah daerah bukan sekedar penempatan figur figur pejabat pada jenjang jabatan dan kepentingan-kepentingan tertentu,” imbuhnya.

Disebutkan Azan, jaga kepercayaan ini imbangi pula dengan kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, kerja tuntas, serta kerja berprestasi. Karena pelayanan prima dan berkualitas melalui peningkatan sumber daya manusia yang bermutu dan kompetitif merupakan salah satu dari lima misi Pemerintah Daerah yang harus diimplementasikan dalam mewujudkan visi perubahan menuju arah baru Batanghari tangguh.

“Kepada saudara-saudari secepatnya bangun komunikasi, sinergi dan kolaborasi di tempat kerjanya masing-masing. Ingat kami akan selalu menilai dan mengawasi kinerja saudara-saudari semua, artinya kalau memang saudara-saudari tidak melaksanakan amanah dengan baik, tidak berprestasi, tidak memberikan yang terbaik untuk melayani masyarakat, tidak serius, bertindak curang dalam bentuk apapun, apalagi sampai melakukan tindak kejahatan dan melawan hukum, kami tidak akan segan-segan melakukan tindakan, mohon maaf tidak ada toleransi, ini adalah bentuk dari komitmen kami,” pungkasnya.

Adapun daftar 12 pejabat yang dilantik yakni NAMA ARDANI Z PUTRA KEPALA DINAS TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI KABUPATEN BATANGHARI, NAMA  FAUZAN AZHARI STAF AHLI BIDANG EKONOMI, DAN PEMBANGUNAN PADA SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN BATANGHARI, NAMA AMINULLAH KEPALA DINAS PEMADAM KEBAKARAN DAN PENYELAMATAN KABUPATEN BATANGHARI, NAMA HERRI KURNIAWAN AUDITOR AHLI MUDA, NAMA LISKA HANDAYANI AUDITOR AHLI PERTAMA, NAMA MUHAMMAD SAB'IN GURU AHLI PERTAMA, NAMA EDY MULYONO GURU AHLI PERTAMA, NAMA SURANTI GURU AHLI PERTAMA, NAMA MIRA ASTRIA GURU AHLI PERTAMA, NAMA SUTERMAH GURU AHLI PERTAMA, NAMA A. ROMY WAHYUDIN GURU AHLI PERTAMA dan NAMA ANKGHA PUJA PRATAMA GURU AHLI PERTAMA.(ONE).