Rifai Wakili Bupati Batanghari Menghadiri Pelantikan Panwascam

dari kiri, Kepala Kantor Kesbangpol Ansori, Asisten I Setda Batanghari M. Rifai Kadir dan Ketua Bawaslu Indra Tritusian, Foto/Ist
BATANGHARI, BulianId - Mewakili Bupati, Asisten I Sekretariat Daerah Kabupaten Batanghari M. Rifai Kadir, menghadiri pelantikan 24 anggota Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwascam) di Aula BP Paud dan Dikmas Provinsi Jambi, Kamis (27/10/2022).

Kepada Panwascam yang baru saja usai dilantik, Rifai berpesan agar dapat menjalankan tugas sesuai aturan perundang-undangan yang berlaku.

"Kita berharap para Panwascam yang usai dilantik ini dapat melaksanakan tugas dengan amanah, menjaga marwah Bawaslu serta tidak mau diintervensi pihak manapun nantinya," ungkap Asisten I Setda Batanghari M. Rifai Kadir.

Sementara itu, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Batanghari, Indra Tritusian mengatakan,  dari 24 anggota yang lulus tes panwascam di setiap Kecamatan nantinya, yang terdiri dari 6 perempuan dan 18 laki-laki.

“Tugas mereka nantinya mengawal tahapan Pemilu sesuai undang-undang, bertindak adil, netral dan tidak berlaku diskriminatif. Sebab, posisi panwaslu adalah sebagai wasit,” kata Indra Tritusian.

Yang terpilih sebagai anggota panwascam ini sudah dijaring melalui seleksi yang cukup ketat. Mulai dari seleksi administrasi, tes tertulis hingga wawancara. 

“Sehingga mereka yang terpilih tersebut dinilai punya kredibilitas yang cukup baik dan bisa mengembang tugas dengan maksimal,” sebutnya.

Kepada anggota panwaslu nantinya diharapkan dapat bersikap adil, tidak diskriminasi jika menyelesaikan sengketa yang terjadi dalam penyelenggaraan pesta demokrasi.

“Kedepannya diharapkan Panwascam ini bisa bekerja sama dengan baik, dan saya yakin hasil seleksi yang telah dicek sebelumnya memang benar-benar orang terpilih, orang baik, bisa membantu pemilu di tahun 2024 nanti,” harapnya.(ONE).