Sekda Batanghari, Wakili Bupati Upacara Penetapan Batik

 

Sekretaris Daerah Kabupaten Batanghari M. Azan, Foto/Ist

BATANGHARI, BulianId – Sekretaris Daerah (Sekda) M. Azan mewakili Bupati Batanghari dalam giat penetapan batik sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan non benda pada tanggal 2 Oktober.

Giat yang diikuti seluruh jajaran Pemerintahan Kabupaten Batanghari tersebut dilaksanakan di Halaman Kantor Bupati Batanghari, Kamis (29/09/2022).

Dalam sambutan Bupati Batanghari yang disampaikan Sekda Batanghari, penetapan batik sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan non benda pada tanggal 2 Oktober 2009 oleh UNESCO merupakan awal bagi penetapan hari batik nasional setiap tanggal 2 Oktober.

Peringatan ini merupakan wujud apresiasi Kita sebagai anak bangsa atas karya leluhur bangsa. Hal ini tentu juga menjadi satu upaya kita meningkatkan martabat bangsa Indonesia dan Citra positif di forum internasional, serta keinginan pemerintah untuk menumbuhkan kebanggaan dan kecintaan masyarakat terhadap kebudayaan Indonesia.

“Batik merupakan salah satu produk budaya bangsa yang telah mendunia, dan beberapa dasawarsa terakhir, batik kian massif dikenal kepada segenap kalangan jenjang usia untuk memakainya dalam berbagai kesempatan. Banyak inovasi yang dilakukan oleh berbagai pihak sehingga hari ini kita bisa melihat batik telah tumbuh menjadi produk industri yang banyak memberi nilai tambah bagi kehidupan kita,” ujarnya.

Melalui peringatan hari batik nasional Tahun 2022 ini, Pemerintah Provinsi Jambi beserta jajaran pemerintah kabupaten kota se Provinsi Jambi berupaya menggelorakan semangat untuk mencintai batik.

Serangkaian kegiatan peringatan hari batik Nasional tingkat Provinsi Jambi berupa “parade pakaian batik Jambi” oleh 10.000 ASN yang ditujukan untuk mendapatkan rekor MURI, gelar produk batik Jambi dan fashion street batik Jambi patut kita apresiasi.

“Seiring dengan semangat tersebut Pemerintah Daerah Kabupaten Batanghari beberapa waktu lalu telah melaksanakan kegiatan Pendidikan dan pelatihan three in one batik tulis bagi perajin batik,” ucapnya.

Melalui kegiatan tersebut diharapkan ada kesinambungan dan peningkatan kapasitas perajin batik yang ada. Tentu tidak berhenti di sana ke depan kita harus bersama-sama mendorong tumbuhnya industri batik Batanghari khususnya, batik Jambi umumnya dengan bangga dan cinta memakai batik pada berbagai event resmi ataupun tidak resmi.

“Saya berharap agar peringatan hari batik Nasional ini dapat kita jadikan momentum untuk cinta dan bangga memakai produk nasional. Perempatan yang baik ini Mari kita semua tetap menjaga semangat dan senantiasa berkarya memajukan UMKM di Kabupaten Batanghari dan semoga Allah subhanahu wa ta’ala senantiasa memberikan petunjuk dan hidayahnya sehingga kita dapat melaksanakan amanat pembangunan dengan baik,” ungkapnya.(ONE)