Hadiah Pemenang Lomba Dari Pemkab Batanghari, Bagi Petani

Wabup Bakhtiar berikan hadiah kepada petani Batanghari

BATANGHARI, BulianId - Pemerintah Kabupaten melalui Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura (DTPH) Batanghari berikan hadiah bagi pemenang lomba BPP, PPL PNS, PPL Swadaya, Gapoktan, Poktan dan Petani terbaik.

Acara tersebut dilaksanakan di halaman kantor DTPH Batanghari yang langsung dihadiri Wakil Bupati Bakhtiar, Kepala Dinas Mara Mulya Pane serta para perwakilan kelompok tani yang menerima hadiah

Dalam sambutannya, Wabub Bakhtiar menyampaikan bagaimana bisa untuk mengoptimalkan lahan yang ada dilingkup Batanghari, menjadi lahan yang produktif bersama stackholder terkait, Selasa (31/05/2022).

"Perkebunan dan Peternakan serta Perikanan itu juga merupakan bagian dari tanaman pangan dan holtikultura, jadi harus bersinergi antara satu sama lain untuk mengelola potensi lahan yang ada," ucapnya.

Salah satu diantaranya faktor kelemahan disektor pertanian yakni, peluang pemasaran dan mencari potensi kebutuhan pasar.

"Kita harus mengatur jadwal tanam dan harus dapat memprediksikan jadwal panen agar apa yang dibutuhkan pasaran dapat terpenuhi dengan hasil panen," imbuhnya.

"Saya minta kepada kadis dan petugas terkait agar mengsingkronkan dengan Diskoperindag agar mengetahui kapan dan apa saja permintaan hasil tanaman dipasar," ungkap Bakhtiar.

Ditempat yang sama Kadis Tanaman Pangan dan Holtikultura Mara Mulya Pane menuturkan bahwa perlombaan ini, merupakan ajang untuk memotivasi meningkatkan mutu dibidang pertanian.

"Dengan adanya peningkatan dibidang pertanian ini sangat diharapkan dapat meningkatkan pendapatan para petani yang ada di bumi serentak bak regam," pungkasnya.

Usai acara tersebut Wakil Bupati Bakhtiar didampingi Kadis Mara Mulya Pane juga tinjau, sekaligus membuka acara pasar tani di wilayah Kabupaten Batanghari.(ONE).